Ratusan ikan koi ikuti kontes

id ikan koi, kontes koi, kontes ikan koi, Koi Festival, ikan hias, Shindosui Koi

Ratusan ikan koi ikuti kontes

Ratusan ikan koi di dalam kantong plastik ikuti kontes ikan hias pada Temanggung Koi Festival 2017 di Kabupaten Temanggung. (ANTARA/Heru Suyitno)

Temanggung (ANTARA Sumsel) - Sekitar 600 ekor ikan koi milik dari 336 peserta mengikuti kontes ikan hias pada Temanggung Koi Festival 2017 di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Ketua Panitia Temanggung Koi Festival, Sofyan, di Temanggung, Minggu, mengatakan kompetisi diadakan sebagai salah satu strategis untuk meningkatkan kualitas koi di Temanggung pada khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya.

Selain itu, katanya untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap ikan hias.

"Lomba yang diselenggarakan oleh Shindosui Koi Club Temanggung ini animonya luar biasa, dari target awal 300an ekor ikan, tetapi kenyataannya mencapai lebih dari 600an ekor ikan ikut dilombakan," ujarnya.

Ia menyebutkan peserta kontes, antara lain dari Kalimantan, Sukabumi, Garut, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Banjarnegara.

Ia menuturkan perlombaan dibagi dalam tiga kategori, yaitu A, B, dan C. Untuk kategori A ikan koi varietas Kohaku, Taisho Sanshoku, Showa Sanshoku, kategori B ikan koi varietas Shiro Utshuri, Goromo, Goshiki, Ginrin A (Ginrin Kohaku, Ginrin Sanke, Ginrin Showa, Hikari Moyomono, Kawarimono, Doitsu. Lalu kategori C, ada Hi Ki Utsurimono, Bekko, Shusui, Asagi, Ginrin B, Hikari Mujimono, dan Tancho.

"Juri dari Asosiasi Pecinta Koi Indonesia (APKI) yang resmi terdaftar di Kementerian Kelautan dan Perikanan," ucapnya.

Kriteria penilian dalam kompetisi ikan hias, antara lain dilihat dari struktur tubuh, simetrisnya dari kepala sampai ekor. Idealnya tubuh ikan menjadi perhatian utama juri, bukan hanya gemuk di perut saja, dari kulit ikan di mana akan dinilai warna dan cemerlangnya kulit. Lalu dari pola ikan membentuk berapa step.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung, Muhammad Hadi menuturkan, kontes ikan hias ini dalam rangka Hari Ikan Nasional 2017.

Ia mengatakan selain ikan konsumsi, budidaya ikan hias di Kabupaten Temanggung juga memiliki penggemarnya tersendiri. Bahkan, ada ikan hias milik penggemar atau kelompok pembudidaya yang telah mencapai prestasi tingkat nasional.

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Temanggung Hatimah Bambang Sukarno, mengatakan selain kontes ikan koi,juga diselenggarakan bursa ikan hias dan lelang ikan koi, kampanye gemarikan untuk 100 anak PAUD, lomba masak ikan oleh tim penggerak PKK 20 kecamatan dan enam organisasi wanita di Temanggung, penjualan ikan murah, dan bazar produk olahan ikan.