Menjual ikan cupang untung dolar

id ikan cupang,ikan hias cupang,ikan koi, giant,penjual ikan cupang,untung dolar,raup dolar

Benni Akmal menujukkan ikan cupang peliharaannya (ANTARA News Sumsel/Noviansyah/18)

....Semula saya hanya menjual ikan cupang sekitar wilayah Lubuklinggau. Setelah itu Ya, saya coba-coba posting internet melalui facebook karena ikan cupang jenis koi, pency, dan giant banyak digemari....
Musirawas, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Hujan rejeki kini tengah dirajut Benni Akmal (32) warga jln Mts Desa Tegalrejo, Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan.  

Betapa tidak, mulanya hanya sekadar  iseng menyalurkan hobi memelihara ikan sejak semasa kecil, kurun waktu sepekan terakhir dirinya mampu meraup keuntungan ratusan dolar dari hasil menjual ikan hias cupang koi peliharaanya.

Keuntungan cukup menjanjikan diperoleh Benni, lantaran ikan-ikan cupang  yang dijualnya melalui media sosial (medsos) akun Facebook pribadinya. Rata-rata peminatnya tidak hanya warga lokal sejumlah daerah di Indonesia. Tetapi hampir sebagian besar peminatnya juga banyak berasal dari luar negeri, seperti Singapura, Hongkong, Prancis, dan Amerika Serikat.

"Semula saya hanya menjual ikan cupang sekitar wilayah Lubuklinggau. Setelah itu  Ya, saya coba-coba posting internet melalui facebook karena ikan cupang  jenis koi, pency, dan giant banyak digemari," kata Benni bercerita ketika dibicangi wartawan beberapa waktu lalu.

Pertama pada 2016 ada orang Amerika membayar hingga 50 dolar setelah ada kesepakatan uang ditransfer lalu ikan dipacking dan langsung dikirim.

Mengenai keberadaan ikan cupang, katanya adalah sebagai ikan hias air tawar. Sekarang tengah  trend dan mulai disukai banyak kalangan, melihat potensi itu Benni terus mengembangkan spesies ikan hiasnya.

"Orang asing berani bayar mahal mengingat ikan ini memang merupakan ikan hias langka dan unik serta mempunyai nilai seni. Terlebih karena iklim masing masing negara berbeda hingga ikan ini sulit dikembangbiakkan," paparnya.

Dia menjelaskan, secara pengahasilan tidak bisa dinilai berapa nominalnya, tapi sejak lama mengeluti menjual ikan cupang membuat dia memilih untuk stop bekerja.

"Ya, paling tidak sudah hampir dua tiga bulan berjalan saya menjual ikan hias melalui  online. Hasilnya, lumayan dalam seminggu bisa meraup 300 dolar," tambah mantan pegawai bank swasta ini.

Dirinya juga tidak tiap hari menjual ikan, karena berselang menposting foto melalui medsos itu bisa ada tiga sampai empat orang asing memesan, dengan harga 20 dolar sampai 300 dolar.

Mengenai jenis ikan yang banyak dilirik para pembeli terutama berasal dari luar negeri. Peminat jenis ikan cupang cukup merata dan beragam. Hanya saja, lebih dominan itu jenis koi, giant karena jenis ikan cupang relatif memiliki great bagus.

"Kalau ditanya, peminat banyak itu paling dicari itu jenia cupang koi dan giant. Harganya lumayan atau kalau dirupiahkan bisa menjapai jutaan rupiah," kata dia.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar