Enaknya kuliner tradisional nikahan Kahiyang

Pewarta : id makanan tradisional, mongol, onde-onde, martabak, pernikahan kahiyang, anak presiden, kuliner tradisional

Dokumentasi - Makanan tradisional Indonesia kue lupis. (ANTARA Sumsel/Feny Selly/Aw)

Solo (ANTARA Sumsel) - Sejumlah undangan yang turut menghadiri pernikahan Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Nasution menikmati kuliner tradisional yang disuguhkan keluarga besar Presiden Joko Widodo di Solo, Jawa Tengah.

"Tadi sempat makan martabak sedikit dan enak," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai menghadiri prosesi akad nikah Kahiyang-Bobby di Graha Saba Buana, Solo, Rabu.

Kendati demikian, Retno mengatakan tidak mencicipi semua masakan karena harus segera kembali ke Jakarta untuk menyiapkan kedatangan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan prosesi pernikahan berlangsung khidmat dan sangat kental dengan adat Jawa.

"Luar biasa sangat sakral, sangat religius, sangat mengangkat kebudayaan dan saya ucapkan selamat untuk Kahiyang dan Bobby, semoga rukun berbahagia," ujar Susi.
    
Selain itu, sejumlah perwakilan negara sahabat juga menghadiri prosesi akad nikah putri Presiden dan terbawa suasana budaya Jawa.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia R Donovan mengatakan kebanggaannya dapat menyaksikan dan diundang ke acara pernikahan putri Presiden.

"Saya doakan pasangan Bobby dan Kahiyang Ayu langgeng dan memiliki kehidupan yang bahagia. Saya juga sangat senang berada di Solo," ujar Donovan kepada Antara di halaman Graha Saba.

Dia mengaku menikmati kuliner yang disajikan, terutama martabak manis dan telur.

"Acara prosesi pernikahan dalam budaya Jawa sangat mengagumkan dan saya berharap bisa lebih banyak belajar kebudayaan Jawa," jelas Donovan.

Pada acara penjemputan mempelai pria oleh keluarga Presiden Jokowi, panitia memainkan musik gamelan jawa.

Selain itu, keluarga juga menyajikan makanan tradisonal seperti serabi solo, martabak telur dan martabak manis, sate kere, timlo, cabuk rambak, serta minuman sari buah.

Presiden tengah melangsungkan resepsi pernikahan putrinya di Graha Saba Buana.

Resepsi pernikahan dilakukan pada siang dan malam hari.

Presiden Jokowi sebelumnya mengatakan acara pernikahan dirangkai secara pribadi baik acara dan katering.

Relawan Jokowi yang inisiatif hadir juga membantu mengamankan jalannya prosesi pernikahan serta kirab manten pada Rabu pagi.
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar