PKK Desa ciptakan usaha ekonomi kreatif

id pkk, pkk ciptakan usaha kreatif, kerajinan tas, kota tisu, pas bunga, pkk desa, produk ukm, industri kecil, home industri

PKK Desa ciptakan usaha ekonomi kreatif

Ketua PKK Kabupaten Ogan Komering Ulu Hj Badiar Dewi (tengah) didampingi Camat Peninjauan Feri Iswan saat berkunjung ke Desa SP5 (ANTARA Sumsel/17/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Ketua Pembinaan Kesejahteraan Kelurga Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, Hj Badiar Dewi Kuryana Azis mengapresiasi kinerja ibu-ibu PKK desa yang telah sukses mengolah limbah rumah tangga menjadi kerajinan dan menciptakan usaha ekonomi kreatif.

"Usaha para ibu PKK desa tersebut berdampak positif bagi peningkatan penghasilan masyarakat," kata Badiar Dewi saat memberikan pembinaan Administrasi Pokja II dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga kepada pengurus dan kader PKK Desa Makartitama, Jumat.

Kegiatan pembinaan administrasi tersebut dilakukan dalam rangka persiapan lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) tingkat Provinsi Sumsel di Desa Makartitama atau SP5 OKU.

Badiar Dewi yang juga istri Bupati OKU, Kuryana Azis menekankan bahwa administrasi merupakan kebutuhan dari suatu organisasi amat menentukan dalam rangka pengambilan kebijakan maupun program kerja yang dilaksanakan.

Apalagi kelompok kerja (Pokja) II mengelola bidang pendidikan dan keterampilan serta pengembangan kehidupan berkoperasi merupakan bidang yang tidak kalah pentingnya dari bidang lainnya dikelola PKK.

"Maka administrasinya perlu ditata secara konsisten dan harapannya pembenahan administrasi ini tidak terbatas ketika akan ada lomba saja, tapi ditata dan dikelola secara terus menerus dan berkelanjutan," katanya.

Ia berharap, dengan pembenahan administrasi ini maka kapasitas organisasi bisa meningkat sejalan dengan kebutuhan dan dinamika masyarakat yang semakin meningkat.

Sementara Camat Peninjauan, Feri Iswan menyatakan terimakasih dan apresiasi kepada Ketua PKK OKU telah memberikan pembinaan administrasi pokja II dan UP2K PKK untuk pengurus kader PKK Desa Makartitama.

Feri mengatakan, ada lima program unggulan Desa Makartitama, antara lain program budidaya sayuran hydroponik dan tanaman produktif lainnya, budidaya ikan air tawar, pembibitan karet, rumah pintar dan rumah kreatif serta bank sampah melalui inovasi program dengan pola kemitraan dengan Job Pertamina Jade Stone.

"PKK adalah mitra sejati pemerintah yang bersinergi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan semacam ini juga diharapkan untuk memberikan andil peranan wanita dalam berpartisipasi memajukan dan membangun desa,¿ jelasnya.

Mengenai mengolah limbah rumah tangga, menurut Feri, pengelolaannya menjadi kerajinan dan menciptakan usaha ekonomi kreatif yang berdampak positif bagi peningkatan penghasilan masyarakat.

Ia manambahkan, yang dilakukan seperti mengelolah limbah rumah tangga kering berupa plastik bekas dan koran bekas, bungkus permen, bungkus detergen, botol-botol bekas minuman dan lain-lain.

"Barang-barang bekas itu, diolah menjadi kerajinan seperti tas, kotak tissue, pas bunga, dompet dan lain-lain," katanya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar