KPU sasar pemilih pemula

id kpu, abdul karim, pilkada, pemilih pemula, pemilu

Sejumlah pelajar sebagai pemilih pemula simulasi Pemilihan Umum di Rumah Pintar Pemilu KPU Palembang, Sumsel, Rabu (30/8). (ANTARA Sumsel/Feny Selly/17)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang dalam sosialisasi akan menyasar pemilih pemula untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada serentak 2018.

Komisioner KPU Kota Palembang, Abdul Karim di Palembang, Rabu mengatakan, pihaknya sudah mulai melakukan sosialisasi dan pendidikan politik bagi pemilih pemula tersebut yang pesertanya pelajar SMU dan SMK swasta di Palembang.

Sosialisasi bagi pemilih pemula ini merupakan sosialisasi lanjutan yang sudah masuk dalam tahapan pilkada serentak 2018 yang diikuti sekitar 60 orang, katanya.

Ia mengatakan, pemilih pemula ini jumlahnya cukup signifikan rata-rata sekitar 10 persen penambahannya.

Sosialisasi bagi pemilih pemula ini dilaksanakan karena dikhawatirkan tercecer. Kemudian, lanjutnya generasi muda ini bisa mengakses informasi dari mana saja dan tidak semua informasi itu benar, karena itu perlu diberikan informasi yang benar sebagai penyeimbang dan rujukan.

Selain itu, pemilih pemula ini juga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada serentak 2018, katanya.

Sementara salah seorang siswi Nadila Wulandari mengakui dirinya belum pernah ikut memilih, karena umurnya baru 16 tahun.

Jadi, pada pemilihan nanti merupakan yang pertama kalinya ia bisa memberikan hak suara.

Ia juga berharap, pilkada serentak 2018 tidak terjadi kecurangan dalam pemungutan suara.

Pilkada serentak 2018 akan diikuti sembilan kabupaten dan kota di Sumsel ditambah pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar