BPN capai target 9.500 sertifikat prona

id Badan Pertanahan Nasional, BPN, Proyek Operasi Nasional, Agraria, Alkausar, oku, Martapura

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, mencapai target sebanyak 9.500 persil sertifikat Proyek Operasi Nasional Agraria yang telah direalisasikan pencetakannya hingga September 2017.

"Target dari pemerintah pusat 9.500 persil sertifikat Proyek Operasi Nasional Agraria (prona) untuk wilayah Ogan Komering Ulu (OKU) Timur sudah dicetak semuanya sejak September ini," kata Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) OKU Timur, Alkausar di Martapura, Minggu.

Bahkan terhitung sejak Januari 2017 hingga sekarang, pihaknya mampu mencetak sertifikat Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) melebihi dari target yang telah ditentukan oleh pemerintah, mengingat kebutuhan masyarakat membuat sertifikat saat ini sangat tinggi.

Menurut dia, selama empat tahun terakhir BPN OKU Timur mendapat jatah tertinggj di Sumsel untuk penerbitan sertifikat prona.

"Alhamdulillah kita juga mendapat predikat terbaik di Sumsel dalam menyelesaikan penerbitan sertifikat Prona," ungkapnya.

Hal tersebut, kata dia, bisa tercapai karena peran aktif masyarakat di wilayah itu memanfaatkan program dari pemerintah secara gratis membuat sertifikat tanah yang belum memiliki dokumen resmi tersebut.

Ia berharap, masyarakat memperhatikan tanah yang dimiliki dengan memasang tanda patok di setiap sudut objek tanah guna menghindari penyerobotan oleh sejumlah oknum.

"Hal tersebut untuk menghindari terjadinya konflik masalah tanah kedepan," ujarnya.