Jauhari Johan target juara ASTC 2017

id Jauhari Johan, Atlet nasional, atlet lari, Asian Games, Asian Triathlon Championship

Dokumentasi- Jauhari Johan menerima pengalungan medali (Antarasumsel.com/Dolly Rosana/Aw)

Palembang (Antarasumsel.com) - Atlet nasional Sumatera Selatan Jauhari Johan menargetkan juara pada Kejuaraan Asia ATC 2017 di Palembang, 21-23 Juli mendatang untuk modal kepercayaan dirinya bertanding pada Asian Games XVIII/2018.

Jauhari di Palembang, Rabu, mengatakan, keinginannya untuk menjadi yang terbaik pada kejuaraan ini terbilang wajar karena sudah beberapa kali menjuarai kejuaraan terbuka level Asia.

"Saya optimistis bisa jadi yang terbaik pada ASTC 2017 ini karena menjalankan persiapan cukup mantang, mengingat saya juga akan diturunkan pada SEA Games 2017 di Malaysia pada Agustus mendatang," kata dia.

Pada Asian Triathlon Championship ini, Jauhari akan bersaing dengan atlet dari 36 negara seperti Tiongkok, Jepang, dan Korea.

Meski bakal mendapatkan lawan yang berat tapi ia meyakini bahwa kansnya terbuka lebar, karena pertandingan digelar di kampung halaman sendiri.

"Paling tidak saya harus bisa menjadi yang terbaik di kawasan Asia Tenggara seperti hasil sebelumnya saat digelar tahun 2013 di Palembang," kata dia.

Ia menjelaskan bahwa tidak mudah untuk menjalankan cabang olahraga triathlon, karena olahraga ini menggabungkan tiga cabang olahraga sekaligus yakni lari, renang dan balap sepeda.

Jauhari yang merupakan atlet lari maraton nasional ini merasa cukup diuntungkan karena menjadi atlet tuan rumah dan sudah memahami medan pertandingan.

"Memang berat, tapi saya atlet tuan rumah. Harus bisa menjadi yang terbaik, paling tidak bisa mempertahankan pencapaian sebelumnya," kata dia.

Sebelumnya Jauhari Johan dan Reza Novaris tidak diperkenankan turun pada ASTC Asian Triathlon Campionship 2017 ini, karena dikhawatirkan akan berdampak pada persiapan SEA Games mengingat akan bertanding pada 21 Agustus.

Namun melalui pertimbangan yang matang oleh pengurus tim nasional akhirnya kedua atlet ini diperbolehkan ambil bagian.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar