Jauhari Johan siap tampil di Palembang Triathlon 2020

id Triathlon,palembang triathlon,jauhari johan

Jauhari Johan siap tampil di Palembang Triathlon 2020

Ketua pelaksana Palembang Triathlon AW Nofiadi memberikan paparan pada acara “Road to Palembang Triathlon” dengan didampingi atlet Jauhari Johan (tengah) di Palembang, Senin (3/2). (ANTARA/Dolly Rosana/20)

Palembang (ANTARA) - Peraih emas pada SEA Games 2019 Filipina Jauhari Johan akan ambil bagian pada ajang Palembang Triathlon yang digelar di kampung halamannya sendiri pada 22-23 Februari mendatang.

“Tentu saya senang dan bersemangat turun di Palembang yang merupakan kota kelahiran saya,” kata Jauhari  dalam acara bincang-bincang “Road To Palembang Triathlon 2020” di Palembang, Senin.

Ia mengatakan meski ini menjadi penyelenggaraan kedua, tapi baginya tetap spesial karena Palembang Triathlon 2020 yang sudah menjadi bagian dari Indonesia Triathlon Series (ITS) ini mulai mempertandingkan kategori youth (14-16 tahun) dan kategori military bagi kalangan TNI dan Polri.

“Saya saat usia 14-16 tahun selalu bertanding dengan atlet-atlet yang usianya di atas saja, karena kategori junior itu sama sekali tidak ada. Tapi kini eranya sudah berbeda, dan saya harap para junior memanfaatkan kesempatan ini,” kata atlet berusia 36 tahun ini.

Baginya, pemegang gelar juara Kejurnas Triathlon di Batam 1996 dan juara Triathlon Asia Junior Macao 2002 ini, Indonesia harus mulai mencetak atlet-atlet muda triathlon yang dapat memperkuat Tim nasional.

Salah seorang atlet junior, Theo Sirait mengaku senang dengan adanya kategori youth tersebut karena ia dapat bertanding dengan lawan-lawan yang sepadan.

“Memang yang menjadi kendala saya selama ini kalau bersaing dengan atlet dengan body-body besar,” kata Theo tentang pertandingan tanpa kategori youth yang pernah dia ikuti sebelumnya.

Selain kategori youth, pada Palembang Triathlon yang kedua ini juga ada ketegori baru yakni military, yang diperuntukkan anggota TNI-Polri. Selain itu, ada kategori elite dan age group (berdasarkan kelompok umur).

Ketua Pelaksana Palembang Triathlon Ahmad Wazir Noviadi mengatakan, panitia khusus mengundang peserta untuk kategori elite dan military, sementara untuk kategori lain mengharuskan peserta harus mendaftar diri.

“Kita memang mengundang para elite dan military karena olahraga renang, sepeda dan lari ini belum awam buat orang kebanyakan khususnya di Palembang, tapi awamnya buat teman-teman di TNI dan Polri,” ujar dia.

Noviadi mengatakan, persiapan Palembang Triathlon kini sudah mencapai 75 persen dengan target peserta sebanyak 500 orang.  “Dengan dua kategori baru ini, kami siap mengulang sukses Palembang Triathlon seperti tahun lalu, bahkan lebih sukses,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan pemkot berharap target peserta sebanyak 500 orang itu dapat tercapai.

“Melalui event-event seperti Palembang Triathlon ini, kami berharap lebih mempromosikan Palembang ke luar bahkan ke mancanegara, sehingga semakin banyak orang lagi datang ke Palembang,” ujar dia.

Palembang Triathlon 2020 akan dihelat 22 Februari untuk kategori Youth, Elite dan Military, dan 23 Februari untuk kategori Age Group. Lokasi start akan dilakukan di Jakabaring Sport City, dengan memulai renang sejauh 1.500 meter, sepeda 40 km, lari 10 km dengan melintasi Jembatan Ampera.