Polresta Jambi kembangkan penyidikan kasus aborsi

id aborsi, tersangak lain, satreskrim, Klinik Bersalin Puri Medika

Polresta Jambi kembangkan penyidikan kasus aborsi

Kapolresta Jambi AKBP Fauzi Dalimunthe saat memberikan keterangan resmi terkait kasus aborsi bersama tersangka dan barang bukti. (ANTARA/Nanang Mairiadi/17)

Jambi (Antarasumsel.com) - Tim penyidik Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Jambi masih melakukan pengembangan terhadap kasus praktik aborsi di Klinik Bersalin Puri Medika.

Polisi berhasil mengungkap praktik aborsi yang melibatkan tersangka dokter spesialis kandungan dan bidan yang bekerja di Klinik Bersalin Puri Medika pada bebera waktu lalu.

"Saat ini polisi masih memeriksa lebih lanjut keempat tersangka dan saksi-saksi hingga tengah menyelidiki siapa saja pasien atau ibu janin yang telah melakukan atau hasil aborsi di tempat klinik tersebut," kata Kapolresta Jambi AKBP Fauzi Dalimunthe melalui Kasat Reskrim, Kompol Yudha Lesmana, Kamis.

Saat ini pihak penyidik Polresta juga masih mendata nama-nama pasien di klinik milik dokter spesialis kandungan Tri Utami (30) yang ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus aborsi itu.

"Jika telah didata dan terbukti banyak pasien yang melakukan aborsi, maka akan kita panggil dan lakukan pemeriksaan terhadap mereka," kata Yudha Lesmana.

Sementara untuk lokasi janin-janin lainnya masih dalam tahap pencarian oleh tim karena klinik itu telah membuka praktek ilegal sejak tahun 2009 hingga saat ini atau kasusnya terungkap.

"Kita juga belum bisa memastikan dimana saja lokasi penguburan janin lainnya, karena belum ada keterangan lebih lanjut dari para saksi dan tersangka," jelasnya.

Dalam kasus ini, polisi telah menetapkan empat orang sebagai tersangka, yakni Trisna Utami (30) selaku dokter spesialis kandungan, Wulandari (25) bidan di Klinik Puri Medika, Sri Wiyati (45) pembantu di rumah Trisna Utami, dan Sely Puspita Sari (24) sebagai orang yang meminta aborsi.

Kasus ini terungkap setelah polisi mendapat laporan dari warga dan kemudian polisi juga membongkar makam janin hasil aborsi di dua lokasi yaitu Kelurahan Penyengat Rendah dan TPU Putri Ayu Kecamatan Telanaipura dan sejauh ini polisi sudah membogkar tujuh makam janin hasil aborsi.

Keempat tersangka dijerat pasal 194 UU No 36 tahun 2009 tentang kesehatan atau pasal 239 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 dan pasal 56 KUHP dengan ancaman diatas 5 tahun penjara dengan ancaman lima tahun penajara,