Ribuan peserta Festival Isen Mulang hangatkan Sampit

id Festival Budaya Isen Mulang 2017, dayak, tarian dayak, tarian kalimantan, Sampit, Guntur Talajan

Ribuan peserta Festival Isen Mulang hangatkan Sampit

Ilustrasi - Sejumlah peserta dari beberapa Kabupaten/Kota menunjukan tarian khas daerahnya masing-masing pada karnaval FBIM 2016 dalam rangka HUT Provinsi Kalteng ke-59 tahun di kawasan Bundaran Besar Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. (ANTARA/Re

Sampit, Kalteng (Antarasumsel.com) - Ribuan peserta dan pendamping kontingen Festival Budaya Isen Mulang 2017 menghangatkan ibu kota  Kabupaten Kotawaringin Timur, Sampit, Provinsi Kalimantan Tengah.

"Pantauan kami, peserta dari seluruh kabupaten/kota sudah tiba. Persiapan pun sudah mencapai 99 persen. Mudah-mudahan semua berjalan lancar," harap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah Guntur Talajan di Sampit, Kamis.

Festival Budaya Isen Mulang akan dibuka pada Jumat (19/5) siang di Taman Kota Sampit, memperlombakan 20 cabang seni, olahraga dan permainan tradisional suku Dayak, peserta dari 13 kabupaten dan satu kota, termasuk Kotawaringin Timur yang menjadi tuan rumah.

Gubernur H Sugianto Sabran memutuskan, peringatan Hari Jadi ke-60 Provinsi Kalimantan Tengah dipusatkan di Sampit. Selain upacara, rangkaian kegiatan lain adalah Festival Budaya Isen Mulang, Kalteng Quality Expo, dan lain-lain di Sampit.

Jumlah peserta Festival Budaya Isen Mulang diperkirakan sedikitnya 1.500 orang. Jumlah itu belum termasuk pendamping serta peserta Kalteng Quality Expo yang juga diikuti seluruh kabupaten dan kota.

Guntur terlihat meninjau persiapan di sejumlah tempat yang akan dijadikan tempat pelaksanaan lomba. Dia juga memantau rapat penjelasan teknis lomba di Gedung Serbaguna yang dihadiri perwakilan peserta seluruh cabang lomba. Kegiatan itu juga dihadiri 57 orang juri dan 47 panitia dari pusat maupun provinsi.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk beramai-ramai menyaksikan agar acara kita ini makin meriah. Ini menjadi momen berharga karena peserta dari seluruh kabupaten dan kota, hadir dalam Festival Budaya Isen Mulang ini," kata Guntur.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur Fajrurrahman mengatakan, Festival Budaya Isen Mulang sudah siap dilaksanakan. Panitia provinsi dan kabupaten berkoordinasi dengan baik dalam melakukan persiapan itu.

"Kotawaringin Timur ingin meraih sukses ganda. Selain sukses sebagai tuan rumah penyelenggara, kami berharap juga sukses meraih prestasi tertinggi. Persiapan atlet sudah dilakukan setelah selesai Festival Budaya Habaring Hurung beberapa waktu lalu," kata Fajrurrahman.
    
Fajrurrahman mengimbau seluruh masyarakat membantu menyukseskan acara ini. Event besar ini membawa dampak positif kepada masyarakat di berbagai bidang usaha.