Negara Arab serukan upaya bersama dalam menghadapi perubahan iklim

id perubahan iklim, Liga Arab, Dewan Kerja Sama Teluk, kutub utara, padang pasir, negara arab, Wilayah Arab, musim panas, musim salju

Negara Arab serukan upaya bersama dalam menghadapi perubahan iklim

Ilustrasi Sejumlah Unta melewati Padang pasir (Antarasumsel.com/Reuters)

Tunis (Antara/Xinhua-OANA) - Sidang Ke-34 di Tunis Dewan Menteri Dalam Negeri Arab menyeru anggotanya agar melakukan koordinasi guna menghadapi iklim yang mengganggu di Wilayah Arab.

Pertemuan tersebut dimulai di Sekretariat Jenderal Dewan itu di Tunis, Tunisia, dengan dihadiri wakil dari Liga Arab, Dewan Kerja Sama Teluk (GCC), Organisasi Pariwisata Teluk dan Organisasi Polisi Pidana Internasional (Interpol).

Sidan itu diseneggarakan dalam konteks regional dan global yang ditandai dengan iklim yang mengganggu --yang melahirkan ancaman kejahatan terorganisir, kata Menteri Dalam Negeri Tunisia Hadi Majdoub dalam pidato pembukaan, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis pagi. Ia membuka pertemuan tersebut atas nama Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi.

Selain itu, Majdoub juga berbicara mengenai upaya memerangi kelompok fanatik.

Para menteri dalam negeri Arab tersebut juga dijadwalkan membahas masalah lain, termasuk keselamatan di jalan, penyelundupan narkotika, strategis perlindungan warga sipil Arab dan strategi Arab bagi keamanan intelektual. (Uu.C003)