Disnakertrans gelar pelatihan pengembangan usaha rumahan

id pembuatan dodol, industri rumahan, pelatihan, disnakertrans oku

Disnakertrans gelar pelatihan pengembangan usaha rumahan

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/14/Edo Purmana)

Baturaja, (ANTARA Sumsel) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menggelar pelatihan pengembangan usaha rumahan bersama Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Desa Durian wilayah setempat.

"Kegiatan ini untuk menambah keterampilan kaum perempuan di bidang usaha," kata Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Durian Kecamatan Peninjauan Ogan Komering Ulu (OKU) Masyitha di Baturaja, Minggu.

Mewakili masyarakat Desa Durian, khususnya ibu rumah tangga, dia mengemukakan bahwa mengapresiasi kerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) OKU menggelar pelatihan guna mengembangan usaha rumahan.

Kegiatan tersebut, kata dia, memberikan pelatihan teknologi tepat guna home industri kepada kaum perempuan menambah keterampilan di bidang ekonomi.

Pelatihan dengan empat materi, yaitu cara usaha pembuatan nata de coco, pembuatan dodol sirsak, abon ikan, dan bakpia.

"Ke depannya, TP PKK bersama Disnakertrans akan menggelar pelatihan secara individu dengan harapan menambah penghasilan masyarakat setempat," ungkapnya.

Ia berharap peserta pelatihan dapat mempelajari materi yang diberikan untuk mengembangkan usaha rumahan sehingga Desa Durian menjadi pusat home industri di Kabupaten OKU.

"Sebelumnya, desa kami sudah ada kelompok home industri pembuatan kopi jahe dan orek kentang yang memiliki izin dari badan pengawas obat dan makanan (BPOM)," ujarnya.