PSSI beri rekomendasi Piala Sudirman dengan syarat

id Ketua Umum pssi, La Nyalla Mattalitti, pt liga, isl, Piala Sudirman

PSSI beri rekomendasi Piala Sudirman dengan syarat

Ketua Umum PSSI 2015-2019, la nyalla (ANTARA FOTO) (FOTO ANTARA)

Jakarta, (ANTARA Sumsel) - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) La Nyalla Mattalitti menyebut pihaknya mau memberikan rekomendasi untuk gelaran Piala Sudirman jika turnamen tersebut dilaksanakan oleh PT Liga Indonesia.

Menurut siaran pers situs resmi PSSI yang dikutip di Jakarta, Selasa, pernyataan La Nyalla tersebut sejalan dengan hasil keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Liga.

"Hasil RUPS Luar Biasa PT Liga Indonesia pada Sabtu kemarin sudah jelas, klub tidak akan ikut turnamen yang tidak direkomendasikan PSSI," kata dia.

La Nyalla menegaskan rekomendasi akan diberikan jika pelaksananya PT Liga Indonesia karena terkait dengan 14 klub peserta yang ikut berasal dari kompetisi Indonesia Super League (ISL) dan beberapa perangkat pertandingan yang rencananya akan dipakai.

Sebelumnya, induk organisasi sepak bola Indonesia yang tengah dibekukan oleh pemerintah tersebut memberikan rekomendasi di turnamen Piala Presiden 2015 yang lalu.

Terkait dengan Piala Sudirman, La Nyalla mengaku menerima telepon dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo terkait rekomendasi PSSI kepada Piala Sudirman.

Hal tersebut dinyatakan oleh La Nyalla usai mendengar kabar bahwa PSSI sudah memberikan rekomendasi kepada turnamen yang akan dimulai 14 November 2015 tersebut.

"Memang betul saya ditelpon Panglima TNI. Tapi, beliau sudah saya jelaskan kalau PSSI mau memberikan rekomendasi asalkan turnamen ini dilaksanakan oleh PT Liga Indonesia," ucap dia.

Kejuaraan sepak bola "Jenderal Sudirman Cup", yang diadakan untuk merayakan HUT ke-70 TNI, akan dilaksanakan di tiga kota yaitu Gianyar (Bali), Malang dan Surabaya. Turnamen tersebut rencananya digelar mulai 14 November 2015 hingga 24 Januari 2016.

Turnamen tersebut akan diikuti oleh 14 klub ditambah satu klub Persatuan Sepak Bola (PS) TNI sebagai bintang tamu. Rangkaian kegiatan turnamen Jenderal Sudirman Cup ini dimulai pada 10 November di Surabaya, tepatnya di Kodam V Brawijaya.

Pemenang juara pertama akan mendapatkan hadiah sebesar Rp2,5 miliar, juara kedua mendapatkan Rp1,5 miliar, sementara juara keempat dan kelima mendapatkan Rp500 juta.

Mahaka Sport akan menjadi operator gelaran Piala Sudirman. Sebelumnya, Mahaka juga menjalankan peran yang sama di Piala Presiden 2015.