Dinkes Muba bagikan kelambu anti malaria

id bagikan kelambu anti malaria, kelambu, program pencegahan malaria, malaria, dinkes bagikan kelambu, dinkes muba, muba

...Pembagian kelambu tersebut sebagai wujud akselerasi pencapaian target ibu hamil "discreening" malaria...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan pada bulan Juli 2014 secara bertahap membagikan kelambu anti malaria khusus bagi ibu hamil untuk memberikan perlindungan kepada ibu tersebut agar terhindar dari serangan penyakit itu.

Pembagian kelambu tersebut sebagai wujud akselerasi pencapaian target ibu hamil "discreening" malaria, kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuaisn (Muba), dr Sriwijayan di Sekayu, Senin.

Menurut dia, untuk memudahkan proses distribusi kelambu anti malaria itu, sekarang ini sedang dilakukan penyebaran surat edaran mengenai petunjuk distribusi kelambu tersebut dan target program malaria ke fasilitas kesehatan atau puskesmas yang ada di kabupaten setempat.

"Dinkes sekarang ini tengah menyebarkan surat edaran mengenai petunjuk distribusi kelambu dan target program malaria Juni hingga September 2014," ujarnya.

Dia menjelaskan distribusi kelambu yang diperuntukan bagi ibu hamil itu terlebih dahulu penerima bantuan diperiksa dengan RDT di pustu, poskesdes, dan puskesmas.

Untuk tertib administrasi setiap ibu hamil yang mendapatkan kelambu diminta salinan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kemudian untuk meningkatkan cakupan sediaan darah, maka diperiksa mikroskopis dengan memeriksa seluruh kasus demam tanpa sebab yang jelas melalui pemeriksaan laboratorium.

Setelah disebarluaskan surat edaran ini, diharapkan pihak puskesmas dapat melakukan pendistribusian kelambu sesuai dengan petunjuk yang telah ditentukan sehingga dapat meningkatkan pencapaian kinerja program malaria pada 2014 ini, kata Kadinkes Muba.