CAJ diminta berperan dalam isu geopolitik ASEAN

id Sabam Siagian, redaktur senior harian jakarta post

Palembang (ANTARA Sumsel) - Redaktur senior harian Jakarta Post Sabam Siagian mengatakan Konfederasi Wartawan ASEAN harus mengambil peran dalam isu penguatan geopolitik kawasan ASEAN.

"Banyak pihak yang ingin menanamkan pengaruhnya di ASEAN seperti China dan Amerika Serikat. Media harus berperan dalam penguatan geopolitik ASEAN," kata Sabam Siagian di Palembang, Selasa.

Apalagi, negara-negara anggota ASEAN akan membentuk Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 dengan tiga pilar utama, yaitu politik hukum dan keamanan, ekonomi dan sosial budaya.

"Itu merupakan pandangan yang ambisius, mungkin tidak 100 persen dari tujuan itu tercapai tapi setidaknya ASEAN sudah memiliki rencana yang strategis," tuturnya.

Sabam mengatakan CAJ harus berupaya untuk mengembangkan wartawan anggotanya untuk fokus pada isu-isu yang menjadi misi mereka antara lain bencana alam, saling klaim wilayah antarnegara, konflik dalam negeri, keamanan pelayaran, hak para pekerja migran, kekerasan HAM serius, masalah urbanisasi dan masalah hutan.

Sabam Siagian menjadi salah satu pembicara pada Workshop CAJ. Dia menjadi pembicara bersama Pemimpin Redaksi Vivanews Zulfiani Lubis pada sesi bertema "Media sosial vs media konvensional media".

Workshop tersebut merupakan program perdana dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Wartawan ASEAN (CAJET) yang akan didirikan di Palembang.

Pendirian CAJET merupakan mandat dari Deklarasi Manila yang disepakati pada Sidang Umum CAJ pada November 2013. CAJET diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada peringatan Hari Pers Nasional di Bengkulu pada Minggu (9/2).