Bayi panda raksasa ini diberi nama Bao Bao

id bao bao, bayi panda raksasa, panda

Bayi panda raksasa ini diberi nama Bao Bao

Ilustrasi. (Reuters)

.....satu dari lima nama dalam bahasa Mandarin yang dicetuskan dalam pemungutan suara online mulai dari 5-22 November....
(ANTARA Sumsel) - Dalam upacara pemberian nama, Kebun Binatang Nasional Smithsonian di Washington mengatakan pada Minggu bahwa pihaknya menamai bayi panda raksasanya "Bao Bao" setelah melakukan pemungutan suara online yang menarik lebih dari 123.000 usulan.

Bao Bao merupakan panda raksasa betina yang langka.

Dalam Bahasa Inggris Bao Bao (berirama seperti Pow Pow) artinya berharga atau harta karun, ungkap kebun binatang itu.

Bao Bao merupakan satu dari lima nama dalam bahasa Mandarin yang dicetuskan dalam pemungutan suara online mulai dari 5-22 November itu. Pilihan lainnya meliputi Ling Hua, yang artinya bunga lembut; dan Mulan, prajurit China yang cerdas dan berani.

Nama Bao Bao disingkap saat bayi panda itu mencapai usia seratus hari, sesuai dengan tradisi pemberian nama bayi di China.

Musik, tarian dan suguhan khas China disajikan dalam perayaan itu, ujar beberapa narasumber dari kebun binatang itu.

Pejabat dari China dan Amerika Serikat membuat pengumuman nama tersebut secara bersamaan, dan mengatakan Bao Bao mempertegas kolaborasi untuk konservasi panda raksasa yang berjalan sejak 1972.

"Bao Bao merupakan simbol dari 41 tahun  penelitian dan kolaborasi di Kebun Binatang Nasional dan di China," ujar Dennis Kelly, direktur Kebun Binatang Nasional Smithsonian, dalam sebuah pernyataan. "Kami sangat berterima kasih kepada semua orang di dunia yang terlibat dalam voting untuk memberi nama baginya dan membantu kita semua merayakannya hari ini."