Bantaran Sungai Musi jadi kawasan ekonomi terpadu

id sungai musi, tepian sungai musi, jadi kawasan ekonomi terpadu

Bantaran Sungai Musi jadi kawasan ekonomi terpadu

Taman dan pusat kuliner Sungai Musi Palembang (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

....Fasilitas dimiliki di kawasan itu bukan hanya dinikmati golongan masyarakat tertentu saja, tetapi semua sektor juga merasakan....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Bantaran Sungai Musi akan dijadikan kawasan ekonomi terpadu Kota Palembang yang saat ini secara bertahap telah dibangun berbagai fasilitas pendukung.

Wali Kota Palembang Romi Herton, di Palembang, Sabtu, mengatakan ada lima titik lokasi bantaran Sungai Musi yang disiapkan untuk menjadi kawasan ekonomi terpadu.

Lima lokasi tersebut secara bertahap telah dan sedang dibangun berbagai fasilitas hotel, kawasan industri termasuk jalan dan penerangan listrik, katanya.

Dia menjelaskan, konsepnya ekonomi terpadu itu melibatkan warga tepian sungai dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, sehingga mereka menjadi sejahtera.

Warga yang bermukim di daerah tersebut diajak terlibat aktif dalam membangun ekonomi kreatif dengan berbagai usaha, baik berupa kerajinan khas maupun perdagangan dan industri kecil lainnya.

Menurut dia, melibatkan masyarakat dalam setiap kegiatan pembangunan ekonomi tentunya menjadi salah satu upaya mendorong percepatan kesejahteraan warga.

Apalagi, Palembang kedepan akan mengoptimalkan potensi wisata di daerah itu untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya.

Ia mengatakan, optimalisasi pariwisata di kota yang dibelah Sungai Musi itu dipastikan berdampak banyak kepada semua sektor.

Dimana perajin akan mudah menjual produknya, pedagang akan gampang menawarkan barangnya juga transportasi dan akomodasi sebagai pendukung supaya ramai dikunjungi wisatawan.

Romi menambahkan, dengan demikian ditargetkan kawasan ekonomi terpadu tepian sungai itu yang berupa pusat kerajinan, perdagangan dan akomodasi termasuk dibangunnya hotel-hotel mampu mendorong kesejahteraan masyarakat.

Fasilitas dimiliki di kawasan itu, bukan hanya dinikmati golongan masyarakat tertentu saja, tetapi semua sektor juga merasakan dampak langsung dari kemajuan perekonomian di Kota Palembang, katanya.