Angkutan batubara sebabkan jalan di Sumsel rusak

id batubara, jalur khusus

Angkutan batubara sebabkan jalan di Sumsel rusak

Truk pengangkut batubara berbaur dengan truk barang lainnya mengakibatkan jalan lintas di Sumatera Selatan semakin padat dan sering menimbulkan kemacetan. (FOTO ANTARA/Yudi Abdullah/11)

Palembang, (ANTARA News) - Angkutan batubara yang beroperasi di wilayah Sumatera Selatan menyebabkan jalan lintas Sumatera di provinsi tersebut rusak parah, sehingga Gubernur Sumsel H Alex Noerdin membuat kebijakan pada awal 2012 tidak lagi mengizinkan angkutan batubara melintasi jalan umum tersebut.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Sumsel, Robert Heri di Palembang, Rabu mengatakan, penggunaan jalur khusus untuk angkutan batubara segera dimulai karena jika tetap menggunakan jalur umum bisa mengakibatkan kerusakan jalan akibat beban yang melebihi kapasitas dan mengakibatkan kemacetan.

Dengan adanya jalur khusus yang menghubungkan tambang-tambang di Kabupaten Lahat dan Muara Enim dengan pelabuhan muat batubara di Muara Lematang yang berkapasitas lima juta ton pertahun, angkutan batubara tidak lagi melalui lintas Sumatera dari lokasi tambang ke Palembang, ujar dia. (ANT-U005)