Baturaja (ANTARA) - PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Lumut Balai memberdayakan ekowisata Beranting River Tubing di Desa Kelumpang, Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan yang kini mulai berkembang.

Manager Operasi PGE Lumut Balai, Aris Kurniawan di Baturaja, Kabupaten OKU, Kamis mengatakan bahwa atas keberhasilan tersebut pihaknya meraih dua penghargaan bergengsi, yakni ESG Programme of the Year dan Geothermal Power Project of the Year dalam ajang Asian Power Awards 2024.

Dia menjelaskan, Penghargaan ESG Programme of the Year diberikan atas keberhasilan program "Belanting River Tubing" di Desa Kelumpang, Sumatra Selatan.

Program ini tak hanya mendukung pelestarian lingkungan melalui ekowisata, tetapi juga memberdayakan masyarakat lokal.

"Hasil dari program ini kesejahteraan ekonomi masyarakat meningkat hingga 30 persen sekaligus mengurangi emisi karbon dioksida," katanya.

Menurutnya, objek wisata alam dari Sungai Ogan yang dikembangkan ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan dampak perekonomian warga yang berdekatan dengan wilayah kerja PGE Area Lumut Balai.

Selain itu, kata dia, PGE Area Lumut Balai juga mendapat penghargaan Geothermal Power Project of the Year diberikan berkat performa luar biasa dengan tingkat Equivalent Availability Factor (EAF) mencapai 96 persen dan Equivalent Force Outage Rate (EFOR) yang sangat rendah yaitu hanya 0,11 persen.

"Pencapaian ini mengukuhkan PGE Lumut Balai sebagai pelopor dalam inovasi energi hijau di Indonesia," tegasnya.

Prestasi ini pun semakin menegaskan komitmen PGE untuk mendukung target net-zero emissions pada 2060 dan mempercepat transisi energi bersih di Tanah Air.

"Penghargaan ini adalah bukti nyata dari kerja keras seluruh tim PGE untuk mencapai keberlanjutan energi yang seimbang antara kebutuhan energi dan pelestarian lingkungan," ujar dia.

PGE Lumut Balai juga aktif dalam pengembangan komunitas lokal melalui program pelatihan kewirausahaan yang membuka peluang ekonomi baru.

Inisiatif ini sejalan dengan target pemerintah untuk meningkatkan bauran energi terbarukan hingga 23 persen pada tahun 2025.

Keberhasilan ini menjadikan PGE Lumut Balai sebagai pemimpin transisi energi bersih dan menjadi role model di sektor energi geothermal, baik di Indonesia maupun dunia.

 


Pewarta : Edo Purmana
Editor : Syarif Abdullah
Copyright © ANTARA 2024