Muara Enim, Sumsel (ANTARA) - Sebanyak 120 atlet panahan dari tujuh kabupaten dan kota di Sumatera Selatan mengikuti Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Sirkuit 2 Panahan Sumsel dan Piala Kepemudaan & Olahraga Kabupaten Muara Enim, Jumat (18/10) di Lapangan SMK Negeri 2 Muara Enim.

Kejuaraan berlangsung selama 3 hari, 18-20 Oktober dibuka oleh Staf Ahli Pemerintahan, Hukum dan Politik, Irawan Supmidi,

Dalam sambutannya Irwan Supmidi mengatakan   penyelenggaraan Kejurprov ini selain sebagai ajang untuk menjaring bibit atlet muda dari Sumatera Selatan yang nantinya akan berlaga di jenjang yang lebih tinggi juga sebagai ajang untuk mensosialisasikan salah satu cabang olahraga yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad yakni memanah.

Ia menekankan seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi manusia cenderung kurang beraktivitas fisik, oleh karenanya melalui Kejurprov Sirkuit 2 Panahan Sumsel ini diharapkan dapat menumbuhkan minat olahraga bagi masyarakat sehingga lebih produktif dan sehat jasmani dan rohani.

Di akhir sambutannya, Staf Ahli memberikan apresiasi kepada seluruh pihak utamanya Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Muara Enim atas telah terselenggaranya Kegiatan ini. Kemudian kepada para peserta dirinya berpesan untuk menjunjung sportivitas dan lakukan yang terbaik.

Sebagai informasi dalam Kejurprov Sirkuit 2 Panahan Sumsel ini terdapat 4 kategori antara lain, Standar Nasional menggunakan busur kayu dan fiber dengan jarak 30, 40 dan 50 meter, Recurve menggunakan busur evolusi modern dari busur tradisional dengan jarak 60-70 meter, Compound menggunakan busur panah majemuk dengan jarak 50-70 meter dan Barebow salah satu nomor cabang yang paling banyak digandrungi dengan jarak 30 dan 50 meter.

Pewarta : Pewarta Sumsel
Editor : Syarif Abdullah
Copyright © ANTARA 2024