Pemanah Arif ke olimpiade

id Arif Dwi Pangestu,panahan,kejuaraan dunia panahan 2023,world archery championships,perpani

Pemanah Arif ke olimpiade

Pemanah Indonesia Arif Dwi Pangestu saat berlaga di Kejuaraan Dunia Panahan 2023 di Berlin, Jerman, Minggu (6/8/2023). (ANTARA/HO/PB Perpani)

Jakarta (ANTARA) - Pemanah Arif Dwi Pangestu memastikan satu tiket untuk mewakili Indonesia di cabang olahraga panahan pada Olimpiade 2024 Paris seusai lolos sebagai salah satu semifinalis di Kejuaraan Dunia Panahan 2023 di Berlin, Jerman, Minggu (6/8) waktu setempat.

"Saya sangat bahagia ketika tahu dapat satu kuota tiket Olimpiade Paris 2024. Saya persembahkan khusus buat Indonesia. Semoga tiket ini menjadi pembuka jalan untuk teman-teman pelatnas lainnya di turnamen yang akan datang. Saya siap berjuang di beregu," kata Arif, dikutip dari laman resmi Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB Perpani), Senin.

Adapun Arif memulai perjalanannya untuk meraih tiket Olimpiade 2024 Paris dengan mengalahkan pemanah Jepang Saito Fumiya di babak perempat final.

Arif sempat ketinggalan 3–5, sebelumnya memaksa Saito bertanding hingga babak shoot off, dengan mencetak perfect score pada putaran terakhir. Pada tembakan terakhirnya, anak panah Arif mendarat di bidang sasar X, sedangkan Saito di angka 9.

Selanjutnya pada babak semifinal, Arif lebih dulu bertemu dengan Peters Eric dari Kanada, yang berakhir dengan kekalahan Arif dengan skor 4–6. Setelah sempat tertinggal 2–0, ia membalikkan keadaan dan menyamakan kedudukan menjadi 4–4. Namun, pada putaran terakhir, Peters unggul dengan skor 29–24.