Palembang (ANTARA) - Pimpinan dan anggota DPRD Sumatera Selatan periode  2019-2024 yang diwakili Wakil Ketua Giri Ramanda N Kiemas berpamitan kepada masyarakat daerah itu, Selasa (24/9/2024),  setelah posisinya resmi digantikan oleh anggota dewan hasil Pemilu 2024.

Giri Ramanda  mengucapkan terima kasih atas pengabdian seluruh Anggota DPRD Sumsel 2019-2024 dan berharap  Anggota DPRD Sumsel 2024-2029 yang baru diambil sumpah dan janjinya  untuk dapat mempertahankan keberhasilan bahkan meningkatkan apa yang sudah dicapai DPRD Sumsel periode sebelumnya.

"Selamat datang Anggota DPRD Sumsel terpilih, perjuangan anda dinantikan. Harapan masyarakat Sumsel sangat besar. Kerjasama yang baik harus dilakukan bersama eksekutif dan pemangku kepentingan dalam mewujudkan program pembangunan di Sumsel,"  kata Giri saat memimpin dan membuka sidang Sidang Paripurna DPRD Sumsel  di Gedung DPRD Sumsel.

Pihaknya juga berterima kasih dan meminta maaf atas tugas yang belum terlaksana selama menjabat. Dia menyebut ada beberapa hal yang masih tertinggal yang belum bisa terlaksana dengan baik.

Sementara itu anggota DPRD Provinisi Sumatera Selatan periode 2024-2029 dari Partai Golkar Andie Dinialdie menjabat Ketua Sementara DPRD Sumsel.

Sebanyak 74 dari total 75 anggota DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) masa jabatan 2024-2029, melakukan pengucapan sumpah/janji yang dipimpin oleh Ketua Hakim Pengadilan Tinggi Palembang Nugroho Setiadji pada sidang Paripurna DPRD Sumsel itu.

Namun, terdapat satu orang anggota DPRD Sumsel belum dapat dilantik, dikarenakan Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum turun atas nama Dwi Septaria Asgianto dari Dapil VI (PALI-Muara Enim-Prabumulih), yang menggantikan sang suami Asgianto karena maju Pilkada PALI 2024.

Pasca pengucapan sumpah/janji itu diputuskan 2 pimpinan di DPRD Sumsel. Partai Golkar Sumsel sebagai peraih kursi terbanyak memutuskan Andie Dinialdie menjadi Ketua Sementara DPRD Sumsel.

Sedangkan, untuk Wakil Ketua Sementara DPRD Sumsel Raden Gempita ditunjuk sesuai keputusan DPD Partai Gerindra sebagai pemilik kursi terbanyak kedua.

"Baru saja kami mengikuti pengucapan sumpah/janji Anggota DPRD Sumsel 2024-2029 dan penyerahan palu dari Pimpinan DPRD Sumsel 2019-2024 kepada Pimpinan Sementara DPRD Sumsel. Berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan sebelum Pimpinan DPRD Sumsel terbentuk definitif maka Ketua DPRD dipimpin oleh pimpinan sementara dari dua Parpol peraih kursi terbanyak pertama dan kedua," kata Andi saat pengucapan sumpah/janji DPRD Sumsel 2024-2029.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sumsel yang berpartisipasi dalam Pemilu 2024, Ketua Pengadilan Tinggi yang melantik, Anggota DPRD Sumsel 2019-2024 yang telah melaksanakan tugas legislatif dan menyerap aspirasi masyarakat dan lainnya.

"Kami selaku pimpinan sementara mohon dukungan kepada anggota dewan untuk melaksanakan tugas dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab berlandaskan semangat kebersamaan di antara kita semua. Sehingga hal yang sifat individualistik dan kelompok sudah saatnya kita tinggalkan dan kita bersatu padu," katanya.

Ia juga meminta semua anggota dewan pada  periode ini bekerja keras, profesional, dan sungguh-sungguh dalam merumuskan program pembangunan yang terencana dengan baik. 

Setelah Paripurna I ini, pihaknya akan melaksanakan penyusunan tata tertib, pembentukan fraksi, menetapkan pimpinan definitif dan alat kelengkapan lain.

"Dalam waktu dekat seluruh Anggota DPRD Sumsel akan ikuti orientasi dan pendalaman tugas pokok 30 September-4 Oktober di Jakarta," ungkapnya.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Elen Setiadi mengatakan untuk mengoptimalkan implementasi fungsi DPRD, terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan untuk kemajuan daerah di masa mendatang, yaitu  menjaga soliditas internal antar Anggota DPRD, baik itu dalam fraksi maupun di berbagai alat kelengkapan DPRD lainnya. 

“Soliditas juga terus dijaga dengan kepala daerah beserta jajaran, Forkopimda, dan organisasi kemasyarakatan, dan juga menjaga soliditas dengan konstituen dan Parpol pengusung serta soliditas keluarga,” kata Elen..

Pewarta : Ahmad Rafli Baiduri
Editor : Syarif Abdullah
Copyright © ANTARA 2024