Baturaja (ANTARA) - Polres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan memantapkan peran dan fungsi personel Bhabinkamtibmas dalam mewujudkan Pilkada serentak 2024 yang aman dan damai.

"Peran Bhabinkamtibmas sangat penting dalam mendukung Pilkada 2024 yang aman, damai dan kondusif di wilayah Sumsel, khususnya di Kabupaten OKU," kata Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni dalam Apel Gabungan Personel Bhabinkamtibmas di Mapolres OKU, Rabu.

Kapolres mengatakan, apel gabungan ini guna pemantapan peran dan tupoksi Bhabinkamtibmas dalam mendukung Pilkada 2024 yang aman, damai dan kondusif.

Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 07 Tahun 2021 bahwa bhabinkamtibmas adalah anggota polri yang bertugas sebagai pembina keamanan dan ketertiban masyarakat di desa dan kelurahan wilayah setempat.

Bhabinkamtibmas bertugas melakukan pembinaan masyarakat, menghimpun infomasi dan pendapat warga untuk memperoleh masukan atas berbagai isu tentang penyelenggaraan fungsi dan tugas kepolisian serta permasalahan yang berkembang di tengah masyarakat luas.

"Saat ini kita sedang dihadapkan dengan kondisi alam yaitu musim kemarau yang sekarang masih berlangsung. Hal ini menjadi tugas kita untuk mengingatkan kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap terjadinya kebakaran hutan, lahan dan kebun," tegasnya.

Selain dihadapkan dengan kondisi alam, kata dia, kita juga dihadapkan dengan Pilkada yang akan berlangsung pada November 2024.

Oleh sebab itu, hadirnya Bhabinkamtibmas di tengah masyarakat memiliki peran yang penting dalam memelihara kondisi selama Pilkada berlangsung agar tetap aman dan kondusif.

"Bhabinkamtibmas harus memiliki kemampuan untuk membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan dalam menangkal, mencegah serta menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat," tegasnya.

Pewarta : Edo Purmana
Editor : Syarif Abdullah
Copyright © ANTARA 2024