Palembang (ANTARA) - Nelayan di Desa Lumpatan II, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, meramaikan lomba balap perahu dalam rangka menyemarakkan HUT ke-79 kemerdekaan Republik Indonesia.

Lomba balap perahu di daerah aliran sungai Musi kawasan Kecamatan Sekayu, Muba, Rabu, diikuti
66 peserta yang terdiri dari nelayan, petani, dan masyarakat umum.

Kegiatan balapan perahu itu dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Setda Muba Safaruddin dan dihadiri Pj Ketua Tim Penggerak PKK Muba Triana Sandi yang juga istri Pj Bupati Muba Sandi Fahlepi.

Turut menghadiri pelaksanaan lomba perahu ketek itu yakni perwakilan Forkompimda Muba, Ketua Pengadilan Agama Sekayu Syarifah Aini, Direktur PDAM Azmi, Direktur MEP Agus Raflen, Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel Irwan Anthony, beserta Kepala Perangkat Daerah Muba terkait.
Asisten Administrasi Umum Setda Muba Safaruddin pada kesempatan itu menjelaskan bahwa perlombaan tersebut disambut meriah masyarakat karena sesuai keinginan bersama yakni sebagai ajang hiburan dalam peringatan HUT RI di Kabupaten Muba.

"Kami merasa bangga dan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pihak dan panitia penyelenggara ajang ini. Semoga kegiatan ini dapat terus berlangsung di masa mendatang serta dapat ditingkatkan kualitas dan hadiah pembinaannya," ujarnya.

Ketua Pelaksana Lomba Balap Perahu Ketek Endang Saputra mengatakan pihaknya menyiapkan hadiah untuk juara pertama berupa tropi, piagam dan uang pembinaan Rp3,5 juta,.

Kemudian juara dua mendapatkan tropi, piagam dan uang pembinaan Rp2,5 juta dan juara tiga mendapatkan tropi, piagam dan uang pembinaan Rp1,5 juta, juara empat mendapatkan tropi, piagam dan uang pembinaan Rp1 juta.

"Untuk peserta yang berhasil masuk 10 besar, panitia juga menyiapkan hadiah berupa jaring ikan yang bisa digunakan nelayan untuk mendukung kegiatan melaut," kata Endang.*

Pewarta : Yudi Abdullah
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024