Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin, Sumatera Selatan membangun jaringan irigasi rawa di Desa Menten, Kecamatan Rambutan guna meningkatkan hasil pertanian di wilayah itu.

“Pembangunan jaringan irigasi untuk daerah irigasi rawa ini adalah upaya untuk meningkatkan sektor pertanian dan saya berharap petani dapat menanam Padi IP 200,” Pj Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Senin.

Ia menjelaskan proses pembangunan irigasi tersebut saat ini sepanjang 800 dari total 2.990 meter. Dengan selesainya jaringan irigasi ini dapat banyak menghasilkan padi sehingga sektor pertanian meningkat dan meningkatkan ekonomi petani di Banyuasin salah satunya di Desa Menten.
“Pemerintah Banyuasin hadir untuk terus melakukan upaya memakmurkan rakyat dan melayani dengan sepenuh hati demi Banyuasin Berkelanjutan, Iman, Layak, Aman dan Maju,” kata Hani.

Sementara itu, Kepala Desa Menten Suriyanto mengatakan pembangunan irigasi ini adalah sesuatu yang memang masyarakat Desa  tunggu-tunggu guna meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

“Dengan adanya penggalian ini semoga petani dapat panen 2 (dua) kali setahun dengan menanam padi IP 200 dan semoga juga dapat membuka lahan untuk peningkatan ekonomi lain seperti tempat pemancingan ikan,” kata dia.

Pewarta : Ahmad Rafli Baiduri
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024