KAI Divre Tanjungkarang hadirkan layanan Rail Clinic di Stasiun Srengsem

id Pelayanan kesehatan, HUT KAI, stasiun kereta api, Rail Clinic, PT KAI

KAI Divre Tanjungkarang hadirkan layanan Rail Clinic di Stasiun Srengsem

Masyarakat memanfaatkan layanan kesehatan Rail Clinic atau kereta kesehatan dari PT KAI Divre IV Tanjungkarang, Rabu. (ANTARA/HO/KAI)

Baturaja (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjungkarang menghadirkan layanan kesehatan berupa Rail Clinic atau kereta kesehatan di Stasiun Srengsem dalam rangka HUT ke-79 KAI tahun 2024.


Deputy Divre IV Tanjungkarang Budi Heryanto dalam keterangan tertulisnya di Baturaja, Kabupaten OKU, Rabu mengatakan bahwa rangkaian kegiatan Rail Clinic ini mengundang masyarakat Kelurahan Srengsem dan juga murid sekolah dasar yang berada dekat dengan area stasiun.

KAI Divre IV Tanjungkarang dengan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) memberikan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama melalui Rail Clinic generasi ke-3.

Pelayanan yang diberikan meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan laboratorium sederhana, serta penyuluhan kesehatan oleh Tim Kesehatan Divre IV Tanjungkarang.

"Tim Kesehatan dari KAI Divre IV Tanjungkarang yang terlibat berjumlah 22 orang terdiri atas dua dokter umum, satu dokter gigi dan sisanya paramedis," kata dia.

KAI Divre IV Tanjungkarang juga memberikan penyuluhan kesehatan gigi serta pemberian bantuan 25 kacamata baca pada murid Sekolah Dasar (SD), penyuluhan sosialisasi keselamatan dan keamanan perjalanan KA oleh Polsuska dan pemberian bantuan sarana olahraga berupa bola sepak, bola voli, dan net untuk masyarakat Kelurahan Srengsem.

Dengan diberikannya sarana perlengkapan olahraga ini diharapkan warga Kelurahan Srengsem dapat melakukan aktivitas positif di lingkungannya, dan tidak melakukan kegiatan maupun aktivitas lain di sekitar jalur KA.

"Dengan hadirnya Rail Clinic ini, KAI berharap tingkat kesehatan warga yang berada di sekitar stasiun wilayah kerja KAI semakin menjadi lebih baik. Pada masyarakat yang tinggal berdekatan dengan stasiun atau rel kereta api pun diharapkan untuk bersama-sama menjaga keamanan perjalanan kereta api dan aset-aset yang menjadi milik PT KAI," ujarnya.