Indonesia berpotensi besar jadi kekuatan baru di dunia

id ray dailo,Bridgewater Associates

Indonesia berpotensi besar jadi kekuatan baru di dunia

Investor kawakan yang juga pendiri Bridgewater Associates Ray Dalio (kanan). ANTARA/HO-Katadata.

Jakarta (ANTARA) - Indonesia mempunyai potensi besar untuk bisa terus berkembang sebagai kekuatan baru di dunia dengan kunci utamanya peningkatan produktivitas bangsa dan salah satu cara yang harus ditempuh melakukan investasi di sektor Pendidikan, kata investor kawakan yang juga pendiri Bridgewater Associates Ray Dalio.

“Presiden Indonesia terpilih berada di negara yang memiliki potensi besar. Dalam hal pembentukan modal dan pendidikan dan sebagainya. Ia memiliki uang dan kemauan untuk berinvestasi dengan baik, untuk meningkatkan produktivitas dengan berbagai cara, ” kata Ray dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Ray dalam wawancara khusus dengan Katadata sebelum berlangsungnya Forum Indonesia Afrika Kedua di Nusa Dua, Bali menambahkan, Indonesia bisa belajar dari apa yang dilakukan Deng Xiaoping di China di tahun 1980an. Ketika itu, Deng melakukan kebijakan pintu terbuka dan reformasi. Dua hal itu bisa menciptakan modal dan juga ide-ide baru dan modal tersebut bisa digunakan untuk investasi di pendidikan.


“Jadi kombinasi antara berada dalam kurva pertumbuhan ketika Anda memiliki modal internal yang cukup sehingga Anda dapat berinvestasi dengan baik dan mendapatkan dorongan produktivitas,” ungkap Ray.