Polres OKU galakan program Polisi Sahabat Anak

id Polisi Sahabat Anak, tugas polisi, edukasi anak, SLB OKU, Polres OKU

Polres OKU galakan program Polisi Sahabat Anak

Kunjungan jajaran Polres OKU ke SLB Negeri OKU dalam Program Polisi Sahabat Anak. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menggiatkan program Polisi Sahabat Anak dengan mengunjungi Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri OKU untuk mendekatkan polisi dan peserta didik di wilayah itu.

Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni didampingi Ketua Bhayangkari Ny Fitri Imam Zamroni di Baturaja, Selasa, mengatakan bahwa dalam program ini pihaknya memberikan pengenalan dan pembelajaran kepada anak tentang apa itu tugas-tugas polisi.

"Kunjungan ini juga dilakukan sekaligus dalam rangka HUT Ke-72 Bhayangkari tahun 2024," kata Fitri.

Fitri mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk menerapkan program Polisi Sahabat Anak sekaligus untuk menambah ilmu pengetahuan terhadap anak-anak dari usia dini agar mereka tidak takut lagi dengan polisi, tetapi takut dengan aturannya.

Menurutnya, masa anak-anak sering disebut dengan masa kritis sehingga perlu diperkenalkan dan tanamkan segala hal yang positif dan berguna bagi perkembangan mereka di masa mendatang.

"Selain itu, anak-anak tidak takut kepada polisi lagi karena selama ini jika melihat polisi mereka cenderung takut dan menghindar," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, kata dia, anak-anak juga diberikan pemahaman serta kepatuhan sejak dini mengenai rambu lalulintas sehingga saat mereka tumbuh dewasa tidak akan melakukan pelanggaran.

"Kami juga memberikan edukasi soal tertib berlalu lintas sejak usia dini sebagai wujud nyata kepedulian Polri kepada masyarakat, khususnya terhadap anak-anak," ujarnya.

Sementara itu, Kepala SLB Negeri OKU Supriantoko menyampaikan bahwa program Polisi Sahabat Anak sangat bermanfaat bagi guru dan peserta didik di sekolahnya untuk menambah pengetahuan tentang tugas polisi, khususnya terkait aturan lalu lintas.

"Edukasi yang diberikan sangat bermanfaat dan kami berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan di kemudian hari," harapnya.