Pakar gangguan tidur bagikan tip waktu terbaik istirahat

id Gangguan tidur,kualitas tidur,kasur,Bali

Pakar gangguan tidur bagikan tip waktu terbaik istirahat

Diskusi tip menjaga kualitas tidur bersama pakar gangguan tidur di Denpasar, Bali, Jumat (12/7/2024). (ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari)

Denpasar (ANTARA) - Pakar gangguan tidur Yohana Raharjo membagikan tip menjaga kualitas tidur dengan memahami waktu terbaik beristirahat dan waktu kerja organ tubuh.

Yohana dalam diskusi The Art of Sleep di Denpasar, Bali, Jumat, menyebutkan secara konsisten tidur harus dilakukan selama 8 jam mulai dari sekitar pukul 22.00 atau 23.00, sebab setelah itu hingga pukul 1.00 dini hari adalah waktu bagi empedu bekerja.

“Jam 1.00-3.00 waktunya fungsi empedu dan lever untuk mengeluarkan racun, jadi pada saat itu kalau kita tidak beristirahat organ-organ itu tidak bisa mengeluarkan racun secara maksimal,” kata dia.

Pakar gangguan tidur yang saat ini mengajar sesi Yoga Nidra di Denpasar itu mengatakan setidaknya ada 12 organ dalam tubuh yang memiliki waktu kerjanya sendiri, ketika waktu tidur dilakukan dengan tepat maka organ dapat bekerja optimal.

Di pagi hari dari pukul 5.00-9.00 adalah waktu yang tepat untuk usus besar bekerja membuang racun, dan kembali lagi untuk menjaga kualitas tidur sore hari pukul 17.00-21.00 waktu terbaik minum air yang banyak karena ginjal bekerja optimal.

“Kalau ditanya pukul berapa waktu tidur terbaik selama tidur dari jam 22.00-3.00 pagi itu bagus, kalau suatu saat kita tidur jam 3.00-10.000 tidur 7 jam tapi saat bangun kita tidak akan merasa segar karena melewatkan jam detoksifikasi,” ujarnya.

Yohana mengakui banyak orang kesulitan untuk tidur di waktu yang tepat, namun jika menginginkan kualitas tidur yang baik dapat mencoba dengan menghitung mundur dan mendengarkan napas sendiri.