Desa Pagardewa di Muara Enim jadi kawasan ekowisata

id sumsel,palembang,ekowisata,desa pagardewa,pgn

Desa Pagardewa di Muara Enim jadi kawasan ekowisata

Kebun karet di Desa Pagardewa, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel). (ANTARA/HO/PGN)

Muara Enim (ANTARA) - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) mengembangkan Desa Pagardewa, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan untuk menjadi ekowisata.

Sekretaris Perusahaan PGN Susiyani di Muara Enim, Minggu, mengatakan guna mewujudkan implementasi dari program CSR melalui beragam inovasi sosial di desa-desa binaan sekitar wilayah operasi. Salah satu desa yang menjadi program unggulan CSR PGN di Sumsel adalah Desa Pagardewa, Kabupaten Muara Enim.

“Terpilihnya Desa Pagardewa menjadi desa unggulan program CSR perusahaan, karena banyak program inovasi sosial yang telah dihadirkan. Program inovasi sosial yang dihadirkan di setiap desa menghadirkan impact terhadap kemajuan dan pemberdayaan desa,” katanya.

Ia menjelaskan program inovasi sosial di Desa Pagardewa beberapa diantaranya adalah Pembentukan Koperasi Tani “Padetra Arto Mulyo” dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat desa dan Pengembangan Eko Wisata (Embung) di wilayah Desa Binaan untuk menarik wisatawan.

Selain itu, Program Pengelolaan Air Bersih dan Air Minum untuk warga, Program Pemilahan Sampah dan bank Sampah, serta Program Peningkatan Kesehatan dan Pendidikan.

"Dari semua program inovasi sosial tersebut, banyak dampak yang dihadirkan. Dimana diantaranya adalah tersedianya sumber air satu-satunya di kecamatan Lubai Ulu sebesar 22.500 meter persegi. Di samping itu, terlindunginya kebun karet di Desa Pagardewa sebesar 4.480 hektare, serta berlangsungnya peningkatan pendapatan warga," jelasnya.

Inisiatif tanggung jawab sosial dan lingkungan akan terus PGN jalankan, termasuk program Desa Binaan yang memberikan manfaat ekonomi dan lingkungan bagi masyarakat, kata Susi.