Pemkab Muba bagiikan 32 sapi kurban ke panti asuhan hingga lapas

id Pemkab Muba, kurban, kurban serentak, hewan kurban, idul adha, hari raya kurban, gerakan berkurban serentak, gertak, ger

Pemkab Muba bagiikan 32 sapi kurban ke panti asuhan hingga lapas

Penjabat Bupati Musi Banyuasin Sandi Fahlepi secara simbolis menyerahkan hewan kurban Hari Raya Idul Adha 1445 H. (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Musi Banyuasin)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin mengikuti gerakan berkurban secara serentak se-Sumatera Selatan pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

"Untuk mengikuti gerakan berkurban serentak pada Hari Raya Idul Adha 17 Juni 2024 itu, kami membagikan 32 ekor sapi ke panti asuhan, penyandang disabilitas dan narapidana/warga binaan Lapas Sekayu," kata Penjabat Bupati Musi Banyuasin Sandi Fahlepi di Sekayu, Ahad.

Dia menjelaskan hewan kurban tersebut secara simbolis diserahkan kepada perwakilan penerima di halaman Masjid Raya Baitul Makmur Sekayu.

"Pada kesempatan yang sama, hari ini saya bersama jajaran juga mengikuti gerakan berkurban serentak se-Sumatera Selatan secara virtual yang dipimpin Pj Gubernur Agus Fatoni," ujarnya.

Dia menjelaskan kegiatan tersebut wadah yang baik untuk membina dan memupuk kebersamaan, karena ini momentum yang tepat untuk saling berbagi sesama umat Muslim.

"Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Muba (Musi Banyuasin), saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh dinas, instansi, BUMN, BUMD, perusahaan perkebunan, perbankan dan lainnya juga seluruh perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Muba serta stakeholder terkait yang telah membantu memberikan sumbangsih berupa hewan kurban. Bantuan ini tentunya sangat berarti bagi masyarakat," katanya.

Penjabat Gubernur Sumsel Agus Fatoni pada acara itu, mengatakan dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1445 H jumlah keseluruhan hewan kurban sapi mencapai 355 ekor.

Jumlah sapi kurban tersebut antara lain berasal dari gubernur, bupati, wali kota, dan pegawai di lingkungan pemerintah provinsi, pemkab/pemkot, dan BUMD.

Dengan adanya gerakan berkurban serentak se-Sumsel ini, katanya, bisa membuat proses pembagian daging kurban kepada masyarakat semakin merata dan tepat sasaran.

"Oleh karena itu, kegiatan serentak seperti ini terus kita dorong. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh bupati, wali kota, seluruh pegawai yang ada di provinsi dan kabupaten/kota, BUMN serta semuanya yang aktif melaksanakan kegiatan pada hari ini," ujarnya.

Ia mengharapkan kegiatan serentak seperti ini dapat terus dilakukan di Sumatera Selatan sebagai bentuk kekompakan, kerja sama, kebersamaan, agar seluruh program bisa berjalan lebih efektif dan efisien serta tepat sasaran.

"Hingga kini banyak sekali gerakan serentak yang sudah dilakukan dan hasilnya telah dirasakan langsung oleh masyarakat," kata Fatoni.