Konsisten selama lebih dari 50 tahun, Tjiwi Kimia raih Indonesia Best Living Legend Companies & Brands 2024

id Sinar mas

Konsisten selama lebih dari 50 tahun, Tjiwi Kimia raih Indonesia Best Living Legend Companies & Brands 2024

Unit usaha APP Group, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (Tjiwi Kimia) menerima penghargaan bergengsi sebagai salah satu "Indonesia Best Living Legend Companies & Brands 2024" dari Majalah SWA. (Antara/HO/Corsec)

Jakarta (ANTARA) - Unit usaha APP Group, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (Tjiwi Kimia) menerima penghargaan bergengsi sebagai salah satu "Indonesia Best Living Legend Companies & Brands 2024" dari Majalah SWA.

Penghargaan ini mengakui dedikasi dan komitmen perusahaan dalam mempertahankan performa bisnis yang kuat dan konsisten selama lebih dari 50 tahun.

Penghargaan "Indonesia Best Living Legend Companies & Brands" merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan dan merek yang telah menunjukkan performa bisnis yang kuat dan konsisten selama lebih dari 50 tahun.

Penghargaan ini menekankan pentingnya inovasi dalam menghadapi tantangan modern seperti persaingan yang semakin ketat, perubahan teknologi, serta ketidakpastian ekonomi dan politik. Perusahaan yang menerima penghargaan ini dinilai berdasarkan beberapa kriteria, termasuk laba positif, pertumbuhan bisnis, cakupan pasar yang luas, dan komitmen terhadap inovasi.

Didirikan pada tahun 1972, PT Tjiwi Kimia telah berkembang dari produsen soda kaustik menjadi salah satu produsen kertas terbesar di Indonesia, dengan kapasitas produksi lebih dari 1.800.000 metrik ton per tahun.

Perusahaan ini juga memproduksi berbagai produk kertas, kemasan, serta alat tulis sekolah dan kantor, yang banyak diekspor ke pasar internasional.

Direktur Utama PT Tjiwi Kimia Suhendra Wiriadinata, menyatakan, penghargaan ini adalah bukti nyata dari kerja keras dan komitmen seluruh tim kami dalam mempertahankan standar tinggi dalam inovasi dan keberlanjutan. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan produk berkualitas yang memenuhi kebutuhan pasar global.

Dalam upayanya menerapkan prinsip-prinsip ESG (Environmental, Social, Governance), Tjiwi Kimia telah mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas 9,8 MWp di atas lahan seluas 11,4 hektar, yang mampu mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 12.400 ton CO2 per tahun.

 "Adopsi teknologi solar panel adalah upaya kami untuk berkontribusi dalam menciptakan masa depan yang lebih baik melalui proses dekarbonisasi," ujar Suhendra.

Penghargaan diserahkan dalam acara yang diadakan di Hotel Shangri-La, Jakarta dan diterima oleh Vice Director APP Group Irsyal Yasman. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah, akademisi, dan asosiasi bisnis. Acara ini bertujuan untuk menginspirasi perusahaan lain di Indonesia untuk terus berinovasi dan meningkatkan daya saing mereka.