Pupuk Indonesia siapkan UMKM binaan tampil di JFW 2025

id Pusri, pupuk murah, subsidi petani

Pupuk Indonesia siapkan UMKM binaan tampil di JFW 2025

PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang mendapat pendampingan pertama untuk UMKM wastra binaan pada 30 Mei 2024. (ANTARA/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) mempersiapkan UMKM binaan produsen pupuk melalui program pendampingan desainer terkemuka yakni Temma Prasetio dan Maya Ratih.

PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang mendapat pendampingan pertama untuk UMKM wastra binaan pada 30 Mei 2024.

"Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak warisan wastra atau kain tradisional yang sarat akan makna budaya Nusantara, seperti songket, batik, dan tenun. Pupuk Indonesia pun melihat produk-produk UMKM wastra di Indonesia berpotensi untuk tampil di JFW 2025," ujar Direktur SDM dan Umum Pupuk Indonesia, Tina T dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Palembang, Senin.

Ia mengatakan program pendampingan bersama desainer untuk UMKM Wastra ini menjadi komitmen perusahaan untuk mendorong mereka naik kelas dan mampu bersaing di pasar dunia.

"Dalam mempersiapkan menuju JFW 2025, Pupuk Indonesia memfasilitasi UMKM wastra binaan anak perusahaan berkolaborasi dengan desainer terkemuka termasuk di Palembang yang akan berkolaborasi dengan para perajin songket binaan," katanya.

Ia menjelaskan karya hasil kolaborasi keduanya akan dipamerkan dalam JFW 2025, para pengrajin Wastra tentu membutuhkan mitra yang mampu menjadi inspirasi dan pendamping. 

"Nah di Palembang, kami mendampingi langsung UMKM binaan Pusri. Kami berharap program ini mampu memotivasi para pelaku UMKM untuk terus berinovasi," jelasnya.

Ia mengungkapkan Pupuk Indonesia Grup secara bertahap melakukan pembinaan untuk meningkatkan kapasitas mitra binaan perajin wastra, mulai dari penyaluran dana bantuan, edukasi terkait manajemen keuangan, promosi hingga bagaimana memperluas pasar dan menghadapi pembelian potensial.

"Harapannya kemampuan usaha meningkatkan, dan akhirnya tangguh serta mandiri. Melalui program pembinaan yang diinisiasi oleh Pupuk Indonesia, UMKM wastra mendapatkan banyak manfaat. Selain naik kelas, regenerasi juga menjadi salah satu tujuan agar generasi muda turut merawat industri wastra nasional sehingga dapat bersaing di pasar global," ungkapnya.

Ia menambahkan, keikutsertaan Pupuk Indonesia dalam JFW 2025 dengan mengangkat tema Wastra Palembang, merupakan program sinergi dengan Perkumpulan Istri Karyawan Pupuk Indonesia Grup (PIKA PI Grup) sebagai wujud gerakan woman’s support for sustainability untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.
 
“Pupuk Indonesia Grup yang berada dalam payung Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) Pupuk Indonesia akan terus memberikan peluang atau kesempatan yang lebih luas kepada mitra binaan sehingga mereka bisa lebih maju dan lebih berkembang,” ucap dia.