Digitalisasi sentuh program imunisasi

id kementerian kesehatan,kemenkes,peluncuran sertifikat imunisasi,notifikasi imunisasi digital,Imunisasi

Digitalisasi sentuh program  imunisasi

Kementerian Kesehatan meluncurkan sertifikat dan notifikasi imunisasi digital pada Puncak Pekan Imunisasi Dunia 2024 di Taman Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (19/5/2024). ANTARA/HO - Kementerian Kesehatan RI

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan meluncurkan sertifikat dan notifikasi imunisasi digital pada Puncak Pekan Imunisasi Dunia 2024 yang merupakan sebuah hasil integrasi Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK) dan SATUSEHAT Mobile.

“Inovasi ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk melengkapi imunisasi rutin agar perlindungan tubuh anak maksimal selama tumbuh kembangnya, karena riwayat dan sertifikat imunisasi bisa diakses secara digital melalui smartphone,” ujar Sekretaris Jenderal Kemenkes RI Kunta Wibawa Dasa Nugraha dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Kunta mengatakan, untuk mengaksesnya, orang tua hanya perlu menambahkan data anak sebagai profil tertaut pada akun SATUSEHAT Mobile. Selanjutnya, orang tua dapat mengakses fitur ‘Vaksin dan Imunisasi’ untuk mengetahui riwayat imunisasi, mendapatkan rekomendasi, serta mengunduh sertifikat imunisasi rutin anak.

Selain SATUSEHAT Mobile, ujarnya, orang tua juga akan menerima notifikasi imunisasi dan jadwal pemberian imunisasi berikutnya secara otomatis melalui WhatsApp.

Kunta menjelaskan, kemudahan ini merupakan hasil dari integrasi Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK) dan SATUSEHAT Mobile. ASIK, katanya, adalah aplikasi bagi tenaga kesehatan (nakes) untuk mencatat data kesehatan individu pada program layanan luar gedung puskesmas.