Dokter: Deteksi dini kunci keberhasilan atasi kanker mulut

id kanker mulut,Dokter spesialis

Dokter: Deteksi dini kunci keberhasilan atasi kanker mulut

Sekelompok mahasiswa UGM menciptakan aplikasi android yang dapat digunakan untuk skrining kanker mulut. (ANTARA/HO-Humas UGM)

Tangerang (ANTARA) - Dokter Spesialis Penyakit Mulut RS Sari Asih Ciputat Kota Tangerang Selatan Drg Rani Handayani mengatakan deteksi dini menjadi kunci keberhasilan dalam mengatasi kanker mulut.

"Kita dapat berperan dalam menurunkan angka kanker mulut dengan melakukan deteksi dini kelainan di dalam mulut yang dapat dilakukan oleh perorangan di rumah yang dikenal dengan Samuri yakni periksa mulut sendiri," kata dia di Tangerang, Banten, Selasa

Ia mengatakan bila terdapat perubahan di dalam mulut maka disarankan melakukan pemeriksaan rongga mulut ke dokter gigi atau dokter gigi spesialis penyakit mulut

"Ketika kanker mulut terdeteksi lebih awal, terapi yang diterima tidak akan kompleks dan risiko perburukan dapat dihindari," kata dia.

Ia menjelaskan kanker mulut salah satu kasus keganasan dengan angka kematian yang tinggi. Penyebab kanker rongga mulut hingga saat ini belum diketahui dengan pasti karena terjadinya multi faktorial dan kompleks.