BRIN beri kesempatan kepada mahasiswa teliti fenomena matahari

id penelitian matahari,manfaat atmosfer bumi,manajemen talenta brin,riset antariksa

BRIN beri kesempatan kepada mahasiswa teliti fenomena matahari

Ilustrasi. Persiapan Penelitian GMT Peneliti dari NASA mempersiapkan peralatan untuk mengamati gerhana matahari total di lapangan Pendopo Jikomobon, Maba, Halmahera Timur, Senin (7/3). Gerhana matahari total yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 tersebut akan terjadi pada titik yang sama untuk 350 tahun mendatang. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Jakarta (ANTARA) - BRIN  memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meneliti berbagai fenomena yang terjadi di matahari dan benda-benda langit lainnya.
 
Selain praktik kerja lapangan, BRIN juga menawarkan skema bagi generasi muda untuk terlibat menjadi periset asisten melalui program Manajemen Talenta. Skema itu bisa dimanfaatkan sebagai peluang oleh generasi muda untuk bisa menggunakannya, sehingga bisa terlibat langsung melakukan penelitian terhadap matahari.

BRIN menyediakan layanan informasi bagi masyarakat yang ingin mengetahui kondisi cuaca antariksa melalui laman Space Weather Information and Forecast Services (SWIFtS) di laman http://swifts.brin.go.id/.
 
 
Pada laman tersebut masyarakat dapat menemukan informasi mengenai aktivitas matahari yang terjadi dalam 24 jam terakhir. Selain itu, kondisi geomagnet dan ionosfer global serta regional wilayah Indonesia.

Data-data yang disampaikan dalam SWIFtS merupakan rangkuman dari hasil pengamatan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan dunia, serta pengamatan dari antariksa.