Pusri ikut andil percepat kenaikan energi terbarukan di Indonesia

id Pusri Palembang,PLTS Pusri,Pupuk Indonesia,IESR,kenaikan bauran energi terbarukan,Pusri,Pupuk Sriwijaya,BUMN,Persero,Jaw

Pusri ikut andil percepat  kenaikan energi terbarukan di Indonesia

PLTS milik PT Pusri di Palembang Sumsel. ANTARA/M IMAM PRAMANA.

Palembang (ANTARA) -
PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) Palembang Sumatera Selatan sebagai salah satu anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) mempercepat kenaikan energi terbarukan di Indonesia dengan memiliki tenaga listrik panel surya (PLTS) berkapasitas 110 Kilo watt volt (Kwv).
 
"Ini menjadi salah satu upaya paling tepat untuk mempercepat kenaikan bauran energi terbarukan di Indonesia, dengan mampu menghemat hingga 40 persen penggunaan bahan bakar fosil, dan juga mempersiapkan PT Pupuk Sriwijaya dalam mencapai target net zeronya di 2060," kata VP Lingkungan Hidup PT Pusri Palembang Yusuf Riza di Palembang, Rabu.
 
Ia menjelaskan bahwa Pusri juga menjalankan program penghijauan penanaman satu juta pohon hingga tahun 2030 yang akan datang.
 
Selain itu Pusri juga menggalakkan penggunaan kendaraan listrik bagi karyawan Pusri, beberapa di antaranya telah memiliki mulai dari mobil listrik, motor listrik, dan forklift.
 
Koordinator Proyek Dekarbonisasi Industri Institute for Essential Services Reform (IESR) Faricha Hidayati mengatakan, penyediaan listrik bersih merupakan kunci dalam penurunan emisi sektor industri.
 
Tanpa listrik bebas emisi, bahkan dengan teknologi yang termutakhir pun, sulit rasanya untuk mendekarbonisasi sektor industri.