Ini keuntungan motor listrik yang pakai baterai litium

id motor listrik,motor listrik litium,motor listrik lithium,jenis baterai motor listrik,jenis baterai kendaraan listrik,mot,berita palembang, berita sums

Ini keuntungan motor listrik yang pakai baterai litium

Ilustrasi - Sepeda motor listrik di pasar Indonesia. (ANTARA/HO-Aspri/am.)

Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Industri Motor Listrik Indonesia (Aismoli) menjelaskan keuntungan atau kelebihan motor listrik yang menggunakan baterai berjenis litium.

“Berbicara mengenai baterai, secara garis besar ada dua jenis, ada sepeda motor listrik dengan baterai litium, ada sepeda motor listrik dengan baterai lead acid,” jelas Sekretaris Aismoli Abdullah Alwi ) di Jakarta, Kamis (25/1).

Satu komponen yang membedakan sepeda motor listrik dengan motor konvensional adalah sistem baterai.

Fungsi baterai pada motor konvensional hanya digunakan untuk memberikan suplai ke sistem elektrikal. Sementara di motor listrik, baterai menjadi sumber utama daya atau sebagai penggerak.

Ada dua jenis baterai yang paling umum dijumpai pada motor-motor listrik di Indonesia, yakni Sealed Lead Acid (SLA) dan litium. Kemudian, ada pula dua jenis litium yakni Lithium Ion (Li-Ion) dan Lithium Polymer (Li-Po).

Abdullah mengatakan, motor listrik yang menggunakan baterai SLA umumnya dijual dengan harga lebih murah ketimbang motor listrik berbaterai litium. Namun hal tersebut bukan tanpa alasan.