Bawaslu OKU Timur lantik 178 Pengawas TPS

id Pengawasan TPS, Pemilu 2024, pesta demokrasi, Bawaslu OKU Timur

Bawaslu OKU Timur lantik 178 Pengawas TPS

Pelantikan Pengawas TPS. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Martapura (ANTARA) - Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan melantik sebanyak 178 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mengawasi jalannya pesta demokrasi, khususnya di Kecamatan Martapura pada Pemilu 2024.

Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Martapura, Novri Hasan di Martapura, ibu kota Kabupaten OKU Timur, Senin mengatakan bahwa penetapan calon Pengawas TPS Kecamatan Martapura dilakukan setelah rapat pleno Panwascam Martapura pada 19 Januari 2024.

Penetapan ini didasarkan pada hasil seleksi kelengkapan berkas pendaftaran dan hasil tes wawancara yang telah dilakukan sebelumnya.

Dalam hasil seleksi tersebut, dari 368 orang yang mendaftar, sebanyak 178 orang diantaranya dinyatakan layak dan memenuhi syarat untuk bertugas membantu Bawaslu dalam mengawasi proses Pemilu 2024 di wilayah itu.

"Seleksi Pengawas TPS dilakukan melalui beberapa tahapan mulai dari proses verifikasi berkas administrasi hingga tes wawancara," katanya.

Pengawas TPS yang dinyatakan lulus ini nantinya akan disebar di seluruh tempat pemungutan suara yang tersebar di wilayah Kecamatan Martapura.

Adapun tugas pengawas TPS tersebut mulai dari mengawasi proses pergeseran kotak suara ke TPS, proses pemungutan dan penghitungan surat suara.

Selain itu, mereka juga bertugas mengawasi proses administrasi di TPS dan perpindahan kotak suara dari TPS ke PPS.

"Setiap TPS nantinya akan ditempatkan satu orang pengawas guna memastikan proses Pemilu 2024 berjalan jujur dan adil," tegasnya.

Ia berpesan kepada Pengawas TPS yang dilantik agar segera berkoordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan dan desa di Kecamatan Martapura.