Bawaslu gelar pelatihan peningkatan kapasitas pengawasan Pemilu 2019

id pemilu,kpu palembang,tps palembang,kpu oku,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, wong pa

Bawaslu gelar pelatihan peningkatan kapasitas pengawasan Pemilu 2019

TPS. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang)

Baturaja (ANTARA) - Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menggelar pelatihan peningkatan kapasitas pengawasan Pemilu 2019 agar proses pemilihan di wilayah setempat dapat berjalan tertib sesuai aturan yang berlaku.

Menurut Kordinator Sekretariat Bawaslu Ogan Komering Ulu (OKU), Joenaidi di Baturaja, Jumat, kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Baturaja Indah Lestari tersebut diikuti 26 orang peserta dari panwascam dan sekretariat se kabupaten setempat dalam rangka peningkatan kapasitas pengawasan Pemilu 2019.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari sejak kemarin hingga hari ini guna memberikan pemahaman tentang tugas dan kewajiban seluruh peserta dalam melakukan pengawasan saat proses pemilihan pada Arpil 2019 mendatang.

"Ada beberapa pembicara yang menyampaikan materi. Selain dari Bawaslu juga ada dari pihak KPU OKU," katanya.

Dia menjelaskan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar tahapan, pelaksanaan dan pengawasan Pemilu 2019 berjalan tertib, jujur dan adil serta sesuai aturan yang berlaku.

Sementara Anggota Bawaslu Kordiv Pengawasan Hubal dan Humas, Yeyen Andrizal pada kesempatan itu menambahkan saat ini pihaknya sedang memantapkan pengawasan menjelang pemilu di wilayah setempat.

"Sekarang ini Pengawas TPS (PTPS) 100 persen sudah terbentuk dan tidak lama lagi akan segera dilantik," ungkapnya.

Tugas PTPS ini, lanjut dia, bukan hanya di TPS saja melainkan juga melakukan pengawasan mulai dari pendistribusian surat suara dari PPS ke KPPS hingga proses pemungutan dan penghitungan suara selesai dilaksanakan.

"Selain itu juga bertugas mengawal hasil penghitungan dan pemungutan suara yang disampaikan dari KPPS ke PPS kelurahan dan desa," tegasnya.

Yeyen menghimbau agar pengawasan yang dilakukan nantinya selalu kompak dan dikordinasikan secara berjenjang baik di tingkat PTPS, kelurahan dan desa hingga Panwaslu Kecamatan dan Bawaslu Kabupaten OKU.