Pengamat: Pemanfaatan dana desa seyogianya diserahkan penuh ke desa

id pemanfaatan dana desa,pengelolaan dana desa,debat cawapres 2024, Dia menambahkan,berita palembang, berita sumsel

Pengamat: Pemanfaatan dana desa seyogianya diserahkan penuh ke desa

Saluran irigasi tersier yang dibangun menggunakan dana desa di Desa Binangga, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi tengah, Rabu (17/1/2024). (ANTARA FOTO/BASRI MARZUKI)

Jakarta (ANTARA) - Pengamat sosial dari Institut Pertanian Bogor Sofyan Sjaf mengemukakan bahwa keputusan mengenai pemanfaatan dana desa seyogianya diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah dan warga desa agar lebih optimal.

"Dana desa sepenuhnya diberikan keputusan penggunaannya kepada desa melalui mekanisme Musdes (musyawarah desa)," kata  Sofyan melalui layanan pesan singkat kepada ANTARA di Jakarta, Senin, menanggapi pembahasan perihal dana desa dalam debat calon wakil presiden pada Minggu (21/1) malam.

Dekan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor itu menilai desa selama ini belum bisa secara mandiri mengelola dana desa karena intervensi pemerintah dalam pemanfaatan dana tersebut terlalu besar.

Hal yang demikian, dia mengatakan, membuat penyaluran dana desa belum bisa secara masif meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan perekonomian desa.

Guna mengoptimalkan pemanfaatan dana desa untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa, menurut dia, pengelolaan dana desa sebaiknya diserahkan sepenuhnya ke desa.

"Yang perlu dikawal adalah metode dan mekanisme melahirkan program desa yang benar-benar dibutuhkan dan sesuai dengan potensi desa," katanya.