OKU akan gelar Pesta Rakyat, 500 personel Polri siap kawal

id Pesta rakyat, HUT OKU Timur, Kangen Band, personel pengamanan, Polres OKU Timur

OKU akan gelar Pesta Rakyat, 500 personel Polri siap kawal

Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Martapura (ANTARA) - Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan menyiapkan sebanyak 500 personel dari tim gabungan untuk pengamanan pesta rakyat dalam rangka memperingati HUT daerah itu ke-20 tahun 2024.

Kabag Ops Polres OKU Timur Kompol Tamimi di Martapura, Jumat mengatakan, dalam pesta rakyat yang diselenggarakan di Lapangan KONI Gumawang, Kecamatan Belitang pada 20 Januari 2024 tersebut akan menghadirkan grup musik Kangen Band dari ibu kota Jakarta.

"Diprediksi dengan kehadiran Kangen Band ini maka jumlah pengunjung akan membludak memadati Lapangan KONI Gumawang," katanya.

Terkait hal itu, pihaknya memastikan siap melakukan pengamanan agar pesta rakyat tersebut dapat berjalan aman dan lancar.

Setidaknya pihaknya menyiapkan sekitar 500 personel gabungan dalam pengamanan konser tersebut dengan melibatkan Dinas Perhubungan OKU Timur, Satuan Polisi Pamong Praja dan TNI.

Pengamanan dimulai sejak para artis grup musik Kangen Band tiba di Bandara Raden Intan Provinsi Lampung dengan jumlah 20 orang personel yang dikerahkan untuk melakukan pengawalan menuju Hotel Ardan Belitang, Kabupaten OKU Timur.

"Sebelum puncak acara pesta rakyat pada Sabtu 20 Januari 2024 mulai pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB kami akan melaksanakan apel gabungan terlebih dahulu," tegasnya.

Pihaknya akan menentukan jalur evakuasi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di luar dugaan, jalur masuk tamu, hingga kantong parkir.

Selain itu, juga akan ada tim tindak dan pengamanan objek vital lainnya untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat saat pesta rakyat berlangsung.

"Kami juga menyiapkan rekayasa lalulintas di sekitar lokasi konser untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan yang melintas di jalur tersebut," ujarnya.