Kartu SIM telepon milik tiga pimpinan DKPP diretas

id dkpp,heddy lugito,whatsapp,serangan siber,berita palembang, berita sumsel

Kartu SIM telepon milik tiga pimpinan DKPP diretas

Ketua DKPP Heddy Lugito saat memberikan keterangan soal peretasan nomor telepon pribadinya di Kantor DKPP Pusat, Jakarta, Selasa (9/1/2024). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)

Jakarta (ANTARA) - Nomor telepon pribadi milik tiga pimpinan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), yakni Heddy Lugito, Ratna Dewi Pettalolo, dan I Dewa Kade Wiarsa mengalami peretasan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Ketua DKPP Heddy Lugito menyatakan kartu telepon module identitas pelanggan atau Subscriber Identity Module (SIM card) miliknya pribadi telah diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab sejak Senin malam (8/1).

"SIM card handphone saya di-hack (diretas); dan bukan cuma saya, ada nomornya Bu Dewi dan Pak Dewa (anggota DKPP), bareng diretasnya, di waktu yang bersamaan tadi malam," kata Heddy usai peresmian gedung baru Kantor DKPP Pusat di Jakarta, Selasa.

Heddy menceritakan kecurigaannya menguat setelah dia tidak bisa menjawab pesan-pesan di aplikasi WhatsApp miliknya sejak Senin malam. Bahkan, tambahnya, upaya untuk mengunduh ulang aplikasi tersebut selalu gagal.

Barulah kemudian pada sekitar jam 02.00 WIB dini hari, Selasa, Heddy dan beberapa anggota DKPP mengetahui bahwa sim card yang dipakainya telah diretas.