Pesan tersembunyi para Capres lewat fesyen dalam debat ketiga

id Debat capres 2024, Debat capres ketiga, Pilpres 2024, Pemilu 2024, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Gi

Pesan tersembunyi para Capres lewat fesyen dalam debat ketiga

Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (tengah) menyampaikan pendapat disaksikan capres nomor urut dua Prabowo Subianto (kiri) dan capres nomor urut satu Anies Baswedan saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). . ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan pelaksanaan debat ketiga yang diperuntukkan bagi para calon presiden (Capres) dalam laga menuju Pemilu Serentak 2024. 

Selain gagasan-gagasan yang menarik dalam debat yang berlangsung di Istora Senayan, Minggu (7/1) malam, mode pakaian dari ketiganya juga tak kalah unik untuk dibahas.

Meminjam istilah dari Pengamat Mode sekaligus perancang busana dari Indonesian Fashion Chamber (IFC) Lisa Fitria, fesyen menjadi sarana bagi politikus mengkomunikasikan pesan kepada masyarakat dari langkah politiknya.

Hal itu juga berlaku dalam debat ketiga untuk para Capres kali ini, maka dari itu mari membahas pesan-pesan tersembunyi yang ingin disampaikan oleh ketiga Capres lewat gaya berbusananya.

Pertama yang menarik untuk dibahas dari sisi fesyen ialah Capres yang paling sering menampilkan mode unik dari debat ke debat, yaitu Ganjar Pranowo.

Secara terang-terangan ia dalam debat ketiga itu menamai tampilan tematiknya dengan nama "Top Gan".

 
Capres-cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berpose usai tiba di lokasi debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc/aa.