246 calon haji OKU siap diberangkatkan musim.2024

id Jamaah calon haji, JCH OKU, pemeriksaan kesehatan, kuota haji

246 calon haji OKU siap diberangkatkan musim.2024

Kasi Haji dan Umroh Kemenag OKU Abdul Muis. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 246 calon haji asal Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan siap berangkat ke tanah suci Mekah untuk menjalankan ibadah haji tahun ini.

"Sesuai kuota, sebanyak 246 calon haji siap diberangkatkan ke tanah suci tahun ini," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) OKU Abdul Muis di Baturaja, Kamis.

Dia mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan seperti penguatan fisik bagi para jamaah menjelang keberangkatan ke tanah suci.

"Setiap akhir pekan kami mengajak para calon haji untuk olahraga yaitu jalan kebugaran agar bisa menjaga kesehatan fisik mereka," katanya.

Selain itu, pihaknya pun telah menjadwalkan pada 8 Januari 2024 untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh jamaah asal daerah itu.

Pemeriksaan kesehatan tersebut akan dilakukan dalam empat tahap dimulai dari medical checkup (MCU) untuk mengidentifikasi penyakit fisik pada jamaah. Jamaah juga akan melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran tekanan darah, pengukuran EKG, dan pengukuran kimia darah.

"MCU ini dilaksanakan guna mengevaluasi kesehatan para jamaah haji agar mengetahui kondisi saat ini, sehingga agar tidak bertambah berat penyakitnya saat puncak ibadah haji nanti," ucapnya.

Selain pemeriksaan kesehatan, kata Abdul Muis, pihaknya juga nantinya akan memilih ketua kloter masing-masing.

"Sementara, terkait ongkos haji tahun ini yaitu sebesar Rp56 juta atau hanya menambah Rp31 juta dari yang sudah disetor jamaah calon haji sebelumnya. Tapi untuk angka pastinya kami masih menunggu keputusan dari Embarkasi Palembang. Biasanya bisa lebih murah dari itu," ujarnya.*