BPBD Sumsel turunkan TRC ke lokasi banjir Musirawas Utara

id BPBD Sumsel, tim reaksi cepat trc, lokasi banjir, banjir muratara

BPBD Sumsel turunkan TRC ke lokasi banjir Musirawas Utara

Kendaraan operasional pendukung TRC. (ANTARA/Yudi Abdullah/24)

Palembang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan menurunkan tim reaksi cepat (TRC) untuk mengantisipasi banjir susulan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Musirawas Utara.

"TRC disiagakan di lokasi banjir Muratara (Musirawas Utara) yang sewaktu-waktu dengan cepat siap ditugaskan membantu masyarakat jika terjadi bencana susulan dampak musim hujan itu," kata Kepala BPBD Sumsel M Iqbal Alisyahbana di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan tim tersebut sewaktu-waktu siap turun ke kawasan permukiman warga atau lokasi banjir untuk melakukan penyelamatan dan evakuasi para korban bencana.

Dengan kehadiran TRC di tengah-tengah masyarakat yang sedang mengalami bencana, diharapkan dapat meringankan beban penderitaan mereka serta mencegah korban jiwa akibat terlambat dievakuasi.

Menurut dia, tingginya intensitas curah hujan akhir-akhir ini perlu diwaspadai oleh masyarakat di kabupaten yang tergolong rawan dilanda banjir tersebut.

Masyarakat yang berada di daerah rawan banjir seperti di sejumlah kecamatan di Kabupaten Musirawas Utara diimbau selalu waspada bencana alam.

Menghadapi situasi tersebut, TRC BPBD diminta terus melakukan pengawasan kemungkinan terjadi peningkatan permukaan air di beberapa pintu air.

Dengan kesiapsiagaan TRC itu, kata dia, bisa diketahui perkembangan situasi kerawanan bencana sebagai acuan untuk menentukan langkah-langkah penanggulangan.