Kilang Pertamina Plaju lakukan pemeliharaan untuk optimalkan produksi BBM

id Kilang Pertamina Plaju, kilang, pemeliharaan, optimalkan produksi, bbm, bahan bakar minyak, pemeliharaan kilang

Kilang Pertamina Plaju lakukan pemeliharaan untuk optimalkan produksi BBM

Kilang Pertamina Plaju lakukan pemeliharaan optimalkan produksi (ANTARA/HO/23)

Palembang (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit III Plaju, Palembang , Sumatera Selatan pada Desember 2023 ini merampungkan kegiatan pemeliharaan (major turn round) untuk mengoptimalkan produksi bahan bakar minyak (BBM).

"Setelah penyelesaian pemeliharaan kilang, proses start up dimulai sejak 16 Desember 2023 menandai dimulainya kembali operasi kilang," kata Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju Siti Rachmi Indahsari di Palembang, Jumat.

Menurut dia, pemeliharaan rutin setiap lima tahun ini dilakukan untuk meningkatkan performa kilang dan memperbaharui peralatan.

Beberapa unit kilang seperti Fluid Catalytic Unit, High Vacuum Unit, Crude Distillate Unit dan lainnya setelah dilakukan pemeliharaan, kini dapat beroperasi normal.

Dengan dimulainya kembali operasi kilang, menurut Rahmi, pihaknya siap mendukung Satgas Natal dan Tahun Baru 2023 memenuhi kebutuhan BBM masyarakat.

Kilang yang memasok 60 persen kebutuhan energi di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) ini kini siap untuk memproduksi produk energi dengan kapasitas penuh menjelang momentum hari besar di akhir 2023 ini.

"Beberapa proyek telah dilaksanakan untuk memperkuat operasional, meningkatkan efisiensi energi, memperbaharui peralatan, meningkatkan sistem, serta memastikan kepatuhan terhadap peraturan pemerintah," jelasnya.

Seiring selesainya pemeliharaan, kemampuan Kilang Plaju dalam pengolahan minyak mentah meningkat dari 85 MBSD menjadi 126 MBSD (kembali pada kapasitas desainnya).

"Peningkatan ini sesuai dengan rencana strategis kami untuk memproses minyak mentah dengan jangkauan yang lebih luas, menghasilkan bahan baku lebih ekonomis, dan menurunkan biaya pokok produksi kilang," ungkapnya.

Pemeliharaan Kilang Plaju berhasil diselesaikan dengan sukses, terutama dalam mencapai jam kerja yang aman.

Selain itu, pemeliharaan yang berhasil tepat waktu selama 55 hari melibatkan sekitar 8.000 lebih tenaga kontraktor, 800-an pekerja internal, dan bantuan antar unit (BAU) sekitar 400 orang.

Dia menjelaskan, Kilang Pertamina Plaju atau PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju merupakan salah satu unit kilang dari enam kilang yang dioperasikan PT Kilang Pertamina Internasional sebagai bagian dari Sub-Holding Refining & Petrochemicals PT Pertamina (Persero).

Kilang minyak yang beroperasi di Palembang, Sumatera Selatan ini memiliki kapasitas pengolahan terpasang sebesar 126 MBSD (million barrel per stream day), merupakan salah satu unit kilang tertua di Indonesia yang masih beroperasi sejak tahun 1904, berkontribusi memenuhi kebutuhan energi nasional terutama di (Sumbagsel).

"Saat ini semua unit beroperasi sesuai target kapasitas yang ditetapkan dan keandalan unit semakin meningkat. Kami berkomitmen untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menjaga ketahanan energi nasional," kata Siti Rachmi.