Heli Airbus H225M TNI AU dirakit di PT DI Bandung

id helikopter Airbus H225M,Lanud Atang Sendjaja,TNI AU,TNI Angkatan Udara,PT Dirgantara Indonesia,PT DI,Gita Amperiawan,alu

Heli Airbus H225M TNI AU dirakit di PT DI Bandung

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyalami Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Gita Amperiawan (tiga kanan) saat acara penyerahan delapan unit helikopter Airbus H225M dari Kementerian Pertahanan RI ke TNI Angkatan Udara di Pangkalan Udara Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/12/2023). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

Bogor (ANTARA) - Sebanyak delapan unit helikopter Airbus H225M yang diserahkan Kementerian Pertahanan RI kepada TNI Angkatan Udara di Pangkalan Udara Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat, Jumat, seluruhnya dirakit oleh PT Dirgantara Indonesia di Bandung, Jawa Barat.

Tidak hanya itu, PT DI, sebagai satu-satunya produsen pesawat terbang di Indonesia yang tergabung dalam Defend ID — holding BUMN untuk industri pertahanan — juga menangani keseluruhan perawatan dan perbaikan (MRO) delapan helikopter H225M TNI AU.

Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Gita Amperiawan saat ditemui di Lanud Atang Sendjaja menjelaskan PT DI saat ini mempunyai authorized maintenance center (AMC) untuk MRO helikopter-helikopter buatan Bell Textron dan Airbus, termasuk H225M.

"MRO H225M dan semua heli yang dikeluarkan (Airbus, red) kami punya yang namanya AMC, authorized maintenance center. Itu diberikan sehingga PT DI di-authorize (diizinkan) untuk maintenance," kata Gita di sela acara penyerahan delapan unit helikopter H225M dari Kemhan ke TNI AU di Lanud Atang Sendjaja.



Dia mengatakan PT DI tidak hanya melayani MRO untuk helikopter-helikopter di Indonesia, tetapi juga menerima permintaan MRO dari luar negeri.

Dengan demikian, helikopter dari negara-negara di kawasan, misalnya Asia Tenggara, dapat juga MRO helikopternya di PT DI, Bandung, Jawa Barat.

Oleh karena itu, PT DI saat ini pun mulai memperkenalkan dan menawarkan fasilitas itu kepada Timor Leste.

"Sekarang (klien) Indonesia, kemarin kami bidding coba kenalkan ke Timor Leste," kata Gita Amperiawan.