Menhan Prabowo serahkan delapan unit helikopter H225M ke TNI AU

id Airbus Helicopters H225M,penyerahan H225M Caracal,Menhan Prabowo Subianto,Lanud Atang Sendjaja,TNI AU,TNI Angkatan Udara,berita sumsel, berita palemba

Menhan Prabowo serahkan delapan unit helikopter H225M ke TNI AU

Menhan Prabowo Subianto saat menyiramkan air kembang ke hidung helikopter Airbus Helicopters H225M dalam acara penyerahan delapan unit helikopter H225M di Pangkalan Udara Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/12/2023). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Bogor (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan delapan unit helikopter angkut berat Airbus H225M, yang semula bernama Eurocopter EC725 Caracal, kepada TNI Angkatan Udara di Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Delapan helikopter Airbus yang seluruhnya dirakit dan dilengkapi oleh PT Dirgantara Indonesia (DI) itu kini resmi memperkuat Skadron Udara 8 Wing 4 Lanud Atang Sendjaja.

Tidak hanya menyerahkan delapan unit helikopter ke TNI AU, yang diterima langsung oleh Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Prabowo juga meresmikan full flight simulator Airbus Helicopters H225M di Lanud Atang Sendjaja.

"Hari ini, kita melihat penyerahan delapan helikopter. Ini belum seberapa kebutuhan kita, karena luas wilayah kita sangat luas dan mereka-mereka (prajurit TNI AU) yang akan menjadi awak helikopter ini mempertaruhkan nyawanya. Putra, putri ini, anak-anak kita, mempertaruhkan nyawanya setiap saat, mereka rela, mereka ikhlas. Karena itulah, hari ini saya merasa bangga berada di tengah-tengah Saudara-Saudara sekalian, khususnya di Pangkalan Udara Atang Sendjaja," kata Prabowo saat acara penyerahan helikopter H225M tersebut.

Dia menegaskan kembali bahwa Pemerintah, melalui Kementerian Pertahanan, berjuang keras membeli alat utama sistem persenjataan (alutsista) terbaik untuk TNI, khususnya TNI AU, demi memperkuat kesiapan tempur sekaligus pertahanan udara Indonesia.