Kombinasi obat dan vitamin B efektif kurangi dampak neuropati perifer

id diabetes,neuropati perifer,penyakit saraf,rizaldy taslim pinzon,vitamin b,berita sumsel, berita palembang

Kombinasi obat dan vitamin B efektif kurangi dampak neuropati perifer

Tangkapan layar dokter spesialis neurologi RS Bethesda Lempuyangwangi Yogyakarta Dr. dr. Rizaldy Taslim Pinzon, Sp.S, M.Kes saat menyampaikan paparannya dalam forum bincang media oleh P&G Health dalam rangka Hari Diabetes Sedunia 2023 pada Senin (6/11/2023). (ANTARA/Nabil Ihsan)

Jakarta (ANTARA) - Obat yang mengandung kombinasi vitamin B amat efektif dalam mengurangi dampak penyakit neuropati perifer, menurut dokter spesialis neurologi Dr. dr. Rizaldy Taslim Pinzon, Sp.S, M.Kes, dari Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (Perdossi).

“Obat yang mengandung vitamin B kompleks tidak hanya efektif mengurangi gejala, namun, juga efektif memulihkan sebagian fungsi saraf yang rusak akibat neuropati perifer,” kata Rizaldy dalam diskusi daring tentang Hari Diabetes Sedunia 2023 yang diikuti dari Jakarta, Senin (6/11).

Neuropati perifer adalah gangguan pada saraf tepi yang menimbulkan sensasi tidak nyaman pada bagian ujung tubuh, misalnya tangan dan kaki. Diabetes adalah salah satu penyakit yang dapat menyebabkan munculnya neuropati perifer.

Neuropati perifer, spesialis neurologi lulusan Universitas Gadjah Mada itu menjelaskan, membuat penderitanya merasakan sensasi kebas, nyeri hebat, dan rasa seperti terbakar pada bagian ujung tubuh. Penyakit tersebut amat berdampak bagi penderitanya karena dapat mengurangi kualitas tidur serta membuat rentan terjatuh.